Waahh, Telur Bisa Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Livestockreview.com, Riset. Tak perlu ragu untuk makan telur. Kuning telur dan semuanya, tak perlu pilah-pilih. Sebuah bukti baru membuat keragu-raguan makan telur menjadi sirna: telur bisa menurunkan risiko Anda terkena penyakit jantung.

Dua penelitian baru dari University of Connecticut belum lama ini menemukan bahwa makan telur sebenarnya memperbaiki tingkat kolesterol dan mengurangi peradangan di tubuh akibat penyakit yang kita derita. Hasil penelitian dipresentasikan di konferensi “Experimental Biology”.

 Dalam salah satu penelitian, para peneliti menyuruh peserta penelitian untuk melakukan diet karbohidrat terbatas dengan makan tiga telur setiap hari. Kelompok lain makan pengganti telur dengan jumlah yang sama. Setelah 12 minggu, kelompok yang makan telur mengalami kenaikan tingkat kolesterol HDL (kolesterol “baik”), dari 50 mg/dL menjadi 59 mg/dL (para dokter bilang bahwa lelaki harus mencapai angka di atas 40 mh/dL). Angka LDL (kolesterol jahat) tidak berubah.

Apa penyebabnya? Lesitin, yang terkandung di dalam kuning telur, bisa jadi menaikkan kolesterol HDL. “Lesitin membantu menghilangkan kolesterol dari jaringan dan mengantarkan ke liver sehingga tidak terbentuk di pembuluh darah,” kata peneliti Maria Luz Fernandez, Ph.D., guru besar nutrisi di University of Connecticut.

Pada penelitian kedua yang serupa, orang yang diet mengurangi karbohidrat dengan penyakit metabolik yang makan tiga telur sehari selama 12 minggu menunjukkan pengurangan pada tanda-tanda peradangan di tubuh. Hal ini mengindikasikan bahwa risiko mereka terhadap penyakit jantung turun. Lutein, antioksidan karoteinoid yang ditemukan di kuning telur, sepertinya membantu mengurangi peradangan ini, kata Fernandez.

Meskipun kedua penelitian dilakukan terhadap orang yang diet karbohidrat, Fernandez menyatakan bahwa orang normal pun bisa memperoleh keuntungan serupa dengan menjadikan telur sebagai makanan diet sehari-hari yang menyehatkan.

“Orang menaruh perhatian bahwa makan telur menyebabkan penyakit jantung, namun ternyata telur melakukan hal yang sebaliknya,” kata Fernandez. Jadi, berapa telur sudah Anda santap hari ini?

follow our twitter: @livestockreview

sumber: everythingeggs | editor: ria laksmi

 

Leave a Reply