Jerohan, Otak dan Telur Sumber Utama Kolesterol

Livestockreview.com, Produk Olahan. Kolesterol yang banyak ditemui pada produk-produk hasil peternakan baik telur, susu maupun daging sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, terutama untuk pembentukan sel-sel otak, pembentukan membran sel, dan sebagai prekursor hormon seks. Masalah muncul apabila konsumsi kolesterol menjadi sangat berlebihan. Pakar gizi Prof Ali Khomsan menjelaskan, kolesterol erat kaitannya dengan pola hidup yang tidak sehat. Mengonsumsi produk peternakan adalah sangat baik, namun jika itu dilakukan terus-menerus akan menjadi berbahaya,jelas Ali Khomsan dalam sebuah diskusi tentang tips hidup sehat di Jakarta awal Desember lalu. Ia menyarankan agar dapat hidup seimbang, seseorang sebaiknya mengonsumsi makanan secara seimbang. Cukup konsumsi karbohidrat, protein, mineral dan vitamin,serta serat.

Konsumsi maksimal orang dewasa 300 mg per Hari
Gaya hidup tidak sehat yang banyak dialami masyarakat perkotaan menyebabkan banyaknya kasus penyakit degeneratif seperti penyakit jantung koroner. Penyakit ini dipicu oleh penumpukan kolesterol dalam jumlah besar di saluran pembuluh darah ke jantung. Khomsan mengingatkan untuk mewaspadai sumber-sumber utama kholesterol produk hasil peternakan, terutama jerohan, otak dan telur. Ketiga produk yang disebutkan tersebut memiliki kandungan kolesterol lebih tinggi di banding produk-produk yang lain.

“Konsumsi harian kolesterol orang dewasa yang dianjurkan yakni sebesarĀ  300 mg per hari.Selebihnya, akan menjadi tidak baik bagi kesehatan,” jelas Ali Khomsan.Itulah sebabnya tiap-tiap orang sebaiknya selalu mengontrol konsumsi kolesterol hariannya, sehingga dalam hidupnya tidak didatangi pembunuh nomor satu di dunia: penyakit jantung koroner.

laporan: hnn, editor: idn

Spread the love

Leave a Reply