Produk Susu Cair Tumbuh Dobel Digit

Livestockreview.com, Riset. Tingkat belanja konsumen Indonesia mengalami kenaikan cukup nyata pada paruh pertama 2010 lalu. Hal ini disebabkan tingkat kepercayaan konsumen mulai naik, demikian juga pendapatan masyarakat yang makin meningkat. Data Nielsen Indonesia terbaru menunjukkan, belanja konsumen yang didominasi produk-produk fast moving consumer goods (FMCG) mengalami kenaikan cukup nyata, baik volume maupun nilai penjualannya. Dari semuanya itu, susu cair adalah salah satu produk yang memiliki pertumbuhan tinggi, mencapai 13,9%.

Optimisme belanja konsumen ini direspon pula oleh para peritel dengan terus mengembangkan outletnya. Nielsen mencatat, hampir semua format ritel modern mengalami kenaikan jumlah outlet pada 2010 ini, baik format besar, menengah maupun kecil. Namun dalam memilih tempat belanja, pola belanjanya tergantung pada waktu dan jenis outlet yang ia kunjungi. Untuk hari Sabtu dan Minggu, masyarakat lebih menyukai belanja di hipermarket dan supermarket. Adapun untuk belanja harian, masyarakat tetap mengandalkan pasar tradisional dan pasar basah untuk memenuhi kebutuhannya. Waktu belanja pun ternyata berbeda  antara pasar tradisional dan modern. Riset yang dilakukan Nielsen menunjukkan, belanja di hipermarket dan supermarket banyak dilakukan oleh konsumen pada pukul 15.00-20.00 WIB. Sedang di pasar tradisional dan pasar basah, sebagian besar dilakukan pada pagi hari pukul 05.00-9.00 WIB.

Optimisme belanja masyarakat ini tidak terlepas dari semakin membaiknya kondisi perekonomian nasional dan internasional, serta makin meningkatnya pendapatan masyarakat, yang menurut pemerintah kini telah mencapai  US$ 2540. Melihat optimism konsumen tersebut, kemungkinan besar produk-produk FMCG  akan tumbuh dobel digit. Bandingkan dengan tahun 2009 lalu yang hanya tumbuh 4,7%. Dalam kurun Januari hingga Mei 2010 saja, dari hasil riset Nielsen Indonesia, terungkap bahwa  FMCG telah tumbuh 9% dibanding pada periode yang sama pada tahun lalu. Maka hingga akhir tahun, FMCG bisa tumbuh dua digit, terlebih akan ada beberapa perayaan hari-hari besar seperti  lebaran dan natal. ind

Spread the love

Leave a Reply