Kiat Memperbanyak Marbling Daging

Livestockreview.com, Produk Olahan. Marbling atau guratan-guratan lemak pada bagian tengah maupun pinggir daging banyak ditemukan pada sapi,antara lain pada sapi wagyu atau sapi black angus. Marbling ini lebih banyak merupakan faktor genetika sapi, namun bisa dioptimalkan keberadaannya dengan teknik pemberian pakan tertentu.

“Marbling atau marble itu bisa terbentuk dari kacang-kacangan atau berasal dari bahan makanan yang memiliki kadar protein,” ucap Marketing Manager Meat & Livestock Australia (MLA) Isye Iriani dalam bincang-bincang pada acara “Australian Wagyu Taste Experience” di Tamani Cafe, Kemang, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Marbling menjadikan daging sapi akan semakin enak dan empuk ketika dikonsumsi. Guratan lemak ini berasal dari faktor genetik, yang banyak terdapat pada sapi wagyu dan sapi black angus. Inilah yang menyebabkan jenis sapi ini tetap memiliki marbling walaupun tidak diberikan pakan khusus. Selain pakan khusus, proses perawatan sapi inipun berbeda.

“Marbling bisa dibentuk dengan diberi makanan khusus, yaitu berupa kacang-kacangan atau biji-bijian yang memiliki kadar protein,” lanjutnya. Perlakukan lain adalah, sapi juga harus jauh dari stres atau berada dalam tekanan. Sapi juga tidak boleh mengalami stres karena tekanan darah pada sapi akan mengubah cita rasa daging menjadi keras, marbling juga tidak akan muncul. follow our twitter: @livestockreview

penulis: nurlinda| editor: ria laksmi

Spread the love

Leave a Reply