Kebutuhan Ternak Jelang Idul Adha Cukup, Tidak Perlu Impor

Livestockreview.com, Berita. Pemerintah optimis kebutuhan sapi menjelang hari raya qurban dapat dipenuhi dari dalam negeri. Maka, pemerintah pun menegaskan tetap akan membatasi impor sapi untuk tahun ini. “Saya kira pasokan sapi dalam negeri cukup memadai. Impor sapi tetap masih kita batasi untuk tahun ini,” kata Menteri Pertanian Suswono di Jakarta awal minggu ini.

Suswono memperkirakan angka impor sapi bakalan untuk tahun ini hanya mencapai sekitar 400.000 ekor. Dia memastikan pasokan dalam negeri mampu mencukupi kebutuhan hari raya qurban. Untuk kebutuhan Jakarta sendiri, dapat dipenuhi dari pasokan Jawa Timur. “Dari data sensus yang ada Jawa Timur mendominasi, jadi saya kira kalau bisa dimanfaatkan, maka untuk Jakarta saya kira bisa memadai,” katanya.

Mengacu data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah sapi di Jawa Timur mencapai 4,2 juta ekor untuk sapi potong, sementara sapi perah diperkirakan mencapai 245.000 ekor. Dengan kebutuhan daging per tahun hanya 80.000 ton, sedangkan sapi potong yang dipotong setiap tahun mencapai 466.000 ekor, maka dalam setahun surplus daging mencapai sekitar 81.000 ton di Jawa Timur.  follow our twitter: @livestockreview

sumber: kontan | editor: soegiyono

 

Spread the love

Leave a Reply