Ingin Tubuh Sehat dan Awet Muda? Makan Daging Ayam Maksimal Dua Kali Seminggu!

Livestockreview.com, Berita. Untuk menunjang hidup sehat dan awet muda, seseorang harus mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Untuk konsumsi daging ayam misalnya, menurut piramida gizi seimbang, sebaiknya cukup dua kali seminggu. Adapun untuk daging merah, yakni daging sapi atau kambing, tidak boleh lebih dari satu kali seminggu.
Direktur Hang Lekiu Medical Center dr Inayah Budiasti mengatakan, gaya hidup masyarakat modern saat ini menyebabkan banyak orang yang mengalami proses penuaan tubuh yang terlalu cepat dibanding umurnya. “Jadi jangan kaget jika ternyata usia tubuh anda jauh lebih tua dari umur sebenarnya,” ujar Inayah. Tambahnya, jika itu terjadi, perlu diwaspadai datangnya berbagai penyakit degeneratif seperti hipertensi, stroke dan diabetes.

Untuk menghindari proses penuaan terlalu dini tersebut, Inayah menyarankan untuk menjalankan pola hidup sehat, dengan memakan makanan sesuai dengan gizi seimbang. Zat gizi tinggi protein dan lemak seperti daging dan telur jika yang dikonsumsi berlebih, bahkan tanpa diimbangi dengan olah raga yang teratur akan mengakibatkan penumpukan lemak. Hal ini akan memicu munculnya radikal bebas penyebab penuaan dini. Mekanisme radikal bebas, tutur dokter yang membuka praktek di kawasan Pakubuwono Jakarta Selatan ini yakni, radikal bebas yang muncul akibat ketidakseimbangan molekul dalam sel tubuh, akan menyerang sel lemak tubuh. Akibat serangan ini, akan memicu berbagai penyakit degeneratif seperti diabetes melitus tipe 2, stroke, dan penyakit jantung koroner. “Apabila radikal bebas ini menyerang DNA, maka akan menyebabkan kanker,” jelas Inayah.

Selain mengonsumsi gizi seimbang, untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan awet muda, juga harus dibarengi dengan tidur yang cukup, olahraga secara rutin, menghindari stres berlebihan, dan menghindari polusi udara. ind 

follow our twitter: @livestockreview

 

 

 

 

 

Spread the love

Leave a Reply