Festival Ayam dan Telur akan Digelar Rutin Tiap Tahun

Livestockreview.com, Berita. Kebutuhan akan protein hewani sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, karena protein asal ternak ini sangat penting untuk pertumbuhan tubuh sekaligus meningkatkan kecerdasan. Tantangan yang dihadapi yakni banyaknya anggapan di tengah masyarakat bahwa ayam dan telur mengandung berkolestrol tinggi, adanya kandungan hormon pada daging ayam, bahkan ada saja orang yang takut makan ayam karena  flu burung.
Isu-isu yang tidak benar yang beredar di masyarakat tersebut sebenarnya justru merugikan banyak orang. Ketua Asosiasi Obat Hewan Indonesia (ASOHI) Rachmat Nuriyanto mengatakan, saat ini kebutuhan protein hewani bagi manusia sebesar 25 persen.

“Tubuh manusia sendiri butuh 60 gram protein, seperempatnya dari protein hewani. Betapa pentingnya protein hewani bagi tubuh manusia,” katanya di Bogor, dalam sebuah kegiatan untuk menyongsong Festival Ayam dan Telur yang akan digelar di Parkir Timur Senayan Jakarta pada 15 Oktober mendatang. Kalau isu-isu negatif itu terus berkembang di masyarakat, akan sangat merugikan bagi masyarakat.

Lebih jauh Rachmat menjelaskan, protein hewani berperan penting dalam membangun manusia Indonesia ke arah yang lebih baik. Ada tiga aspek pembangunan manusia yang dapat didukung oleh protein hewani. Pertama, protein hewani dapat mendorong tingkat kecerdasan manusia, kedua protein hewani dapat meningkatkan usia hidup manusia, dan ketiga protein merupakan sumber energi bagi manusia. Maka, jika manusia indonesia mengonsumsi protein hewani dengan tepat, maka bukan tidak mungkin bangsa ini akan maju ke depannya, karena didukung oleh kualitas manusianya yang cerdas.

Selama ini, masyarakat indonesia hanya mengkonsumsi protein hewani di bawah 10 gram per orang. Ini adalah sebuah kondisi yang ironis, karena protein hewani, terutama dari produk hasil perunggasan sangat mudah didapat dengan harga pun lebih murah. Itulah sebabnya saat ini sebanyak 14 asosiasi peternakan di Indonesia memiliki inisiatif menyelenggarakan Festival Ayam dan Telur di Parkir Timur Senayan, Jakarta pada 15 Oktober mendatang.

Acara yang akan digelar tiap tahun tersebut dimaksudkan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat luas, betapa pentingnya protein hewani untuk kesehatan, pertumbuhan dan kecerdasan.

penulis: and4ng | editor: soegiyono

Spread the love

Leave a Reply