Unduh File Presentasi Standar dan Regulasi Penyembelihan Ternak untuk Hasilkan Produk Halal

Livestockreview.com, Unduh. Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika  Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI)  dan Universitas Djuanda  pada 18   April  ini  di Bogor mengggelar workshop internasional seputar standar dan regulasi dalam pemotongan hewan untuk menghasilkan produk daging yang halal. Workshop menghadirkan narasumber antara lain Direktur LPPOM MUI  Lukmanul Hakim, Kepala Badan Karantina Kementerian Pertanian Banun Harpini,  dan Alison Small dari CSIRO.
Lukmanul mengatakan, Indonesia harus mempunyai standar halal, karena penduduknya yang mayoritas beragama Islam. Untuk saat ini, standar halal Indonesia sudah diterima dan diakui keberadaannya. Halal yang dimaksud adalah dari material serta non materialnya. “Makanan sehat belum tentu halal. Oleh karena itu, Indonesia harus mempunyai standar halal yang harus diedukasikan dengan jelas,” katanya. Kepala Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian Banun Harpini menambahkan, konsumsi  pangan  halal  merupakan hal yang wajib bagi setiap muslim. Oleh karena itu, jaminan halal telah menjadi salah satu isu penting dalam pasar global yang mengarah pada pembangunan makanan halal baik di tingkat nasional dan internasional.
“Produk yang berasal dari hewan, memiliki   risiko tinggi  tidak halal, karena disebabkan oleh asal  hewan,  proses pemotongan,  kontaminasi zat tidak halal pada proses produksi, serta penggunaan aditif makanan,” kata Banun Harpini.
Bagi yang ingin mendapatkan materi file-file presentasi dalam workshop yang digelar LPPOM MUI dan Universitas Djuanda ini, silakan unduh di tautan berikut ini:

Spread the love

Leave a Reply