Tingkatkan Mutu Pakan Sapi Perah

Livestockreview.com, Bisnis. Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI) Siap mendukung rencana pemerintah untuk melaksanakan program bantuan langsung untuk peningkatan kualitas pakan sapi perah Indonesia. Hal itu ditegaskan oleh Ketua Umum Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI) Dedi Setiadi dalam Round Table Discussion dengan topik Subsidi Pakan untuk Peternak Sapi Perah.

Diskusi yang diadakan di Jakarta belum lama ini tersebut dihadiri oleh para pengurus teras Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI), perwakilan dari Dinas Peternakan Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah, serta beberapa pakar dari perguruan tinggi.

Sejak tahun 2008, ketika Australia mengalami kekeringan yang menyebabkan kenaikan harga susu hingga 40% sehingga terjadi penurunan jumlah impor susu dari Australia, telah terjadi penambahan produksi susu dan penambahan populasi peternak sapi perah di Indonesia. Saat ini di Indonesia terdapat 1.435 jumlah kelompok peternak yang tergabung dalam 96 koperasi susu dengan dengan jumlah peternak yang mencapai 121.874 orang.

Sayangnya dengan kuantitas yang sudah bagus tersebut, kualitas sapi perah masih kurang. Program Bantuan Langsung Peningkatan Kualitas Sapi Perah merupakan rencana subsidi pakan untuk peternak sapi perah dalam rangka menuju Program Swasembada Susu tahun 2020.

penulis: putri | editor: soegiyono

follow our twitter: @livestockreview

Spread the love

Leave a Reply