Telur, Sumber Protein Hewani Terlengkap

Livestockreview.com, Berita. Di antara sumber protein hewani yang ada di muka bumi ini, hanya telur yang memiliki komponen gizi yang lengkap, mengalahkan daging dan ikan. Seng misalnya, zat gizi ini terkandung dalam telur dalam jumlah yang cukup, dan sangat bermanaat untuk mengendalikan tekanan darah manusia.

Keunikan lain telur tersebut dipaparkan oleh ahli gizi Prof Hardinsyah dalam rangkaian kegiatan Festival Ayam dan Telur yang digelar di Jakarta pada akhir pekan lalu. Keunikan telur yang lain adalah, kapsul gizi ini memiliki kolesterol yang sangat diperlukan tubuh manusia untuk berkembang dengan baik.

Kolesterol antara lain dibutuhkan untuk proses pembentukan dinding sel dan pembentukan sel otak. Masalah muncul jika konsumsi kolesterol seseorang melebihi dari yang dibutuhkan. Namun di dalam telur, ternyata memiliki zat anti kolesterol alias penetral kolesterol, yakni Niasin dan peredoksin yang mampu menjadi penyeimbang kolesterol pada telur.  Telur juga merupakan sumber Vitamin B12, suatu zat gizi yang hanya ada di protein hewani, dan tidak ada pada protein nabati. Vitamin B12 sangat berperan dalam sistem syaraf manusia, yakni sistem syaraf pengatur konsentrasi.

Hardinsyah menandaskan, konsumsi telur hingga 4 butir telur seminggu tidak menyebabkan gangguan kesehatan, bahkan sebaliknya, sangat mendukung tingkat kesehatan dan kebugaran manusia. “Makan telur jangan hanya kuningnya saja atau putihnya saja, karena semua komponen telur berisi zat gizi yang lengkap, dan memenuhi banyak zat gizi penting bagi tubuh,” jelas Hardinsyah. follow our twitter:  @livestockreview

penulis: diana minawati | editor: soegiyono

2 thoughts on “Telur, Sumber Protein Hewani Terlengkap

Leave a Reply