Susu Kemasan Dorong Pertumbuhan Industri Susu

Livestockreviw.com, Referensi. Seiring dengan bertumbuhnya industri dengan katagori susu, cara susu dikemas dan dikonsumsi mengubah tren pasar. Dalam empat tahun terakhir, proporsi susu yang dikonsumsi dalam bentuk tanpa kemasan, baik yang berasalĀ  langsung dari petani maupun dari pedagang kaki lima, telah menurun.Pada tahun 2008, konsumsi susu tanpa kemasan ini mewakili 29,7% dari total konsumsi produk susu cair – turun dari 32,5% pada tahun 2004. Bahkan, konsumsi susu kemasan tumbuh lebih cepat daripada seluruh jenis katagori susu cair dan diperkirakan akan mencapai sekitar 72% dari total konsumsi global pada tahun 2012. Konsumsi susu siap minum dan susu kemasan (Susu yang dapat dikirimkan dan disimpan sebelum membuka kemasan tanpa memerlukan proses pendinginan atau pengawet) telah mencapai tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 7,9% selama empat tahun terakhir, dibandingkan dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 2,4% untuk seluruh kategori.

Bahkan, konsumsi susu Ultra High Temperature (UHT) di seluruh dunia telah meningkat menjadi 23% pada tahun 2008 dari 18,7% total produk susu cair yang dikonsumsi pada tahun 2004. Tetra Pak memperkirakan bahwa konsumsi susu UHT global akan tumbuh pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 5,2% antara sekarang hingga tahun 2012, mencapai lebih dari 70 miliar liter pada tahun 2012.

Konsumsi Susu Kemasan Di Pasar Yang Sudah Matang
Konsumsi susu kemasan juga meningkat. Sebagai contoh, di Italia, hampir 100% dari semua rumah tangga mengkonsumsi susu, dengan rata-rata konsumsi susu mencapai 100 liter susu per tahun. Di pasar ini, 60,4% dari total susu yang dikonsumsi adalah susu kemasan. Selain itu, di Spanyol, hampir seluruh pasar susu (98%) adalah susu UHT. TPDI

Spread the love

Leave a Reply