Susu, Keju, Yoghurt: The Three Musketeers

Livestockreview.com, Produk Olahan. Produk-produk olahan susu, seperti yogurt, keju, dan susu, memang sedang disebut-sebut sebagai “senjata” yang mampu membantu menyukseskan program penurunan berat badan kita. Sebuah studi terbaru menunjukkan, produk susu dan olahannya ini juga dapat membantu menjaga kesehatan kita dengan memberikan peningkatan asupan vitamin dan mineral bagi tubuh.

Melalui the Bogalusa Heart Study terhadap 1.266 laki-laki dan perempuan di Amerika, para peneliti mengadakan pembandingan konsumsi bahan olahan susu dengan berbagai makanan dan nutrisi lain pada setiap orang yang diteliti. Lalu, didapatkan data, 48% mengasup 1 porsi atau bahkan kurang dari satu, 32% mengasup 2 porsi, 12% mengasup 3 porsi, dan 8% mengasup 4 porsi atau lebih produk olahan susu setiap hari.

Dan hasilnya, semakin banyak asupan olahan susu yang dikonsumsi, semakin tinggi pula asupan mereka atas protein total, protein hewani, laktosa, kalsium, magnesium, potasium, zink, sodium, lemak jenuh, asam folat, thiamin, riboflavin, dan vitamin B6, B12, A, D, serta E. Para peneliti juga menemukan kelompok “susu” mania ini cenderung memiliki asupan asam lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated) dan asam lemak tak jenuh majemuk (polyunsaturated), protein nabati, karbohidrat total, sukrosa, fruktosa, dan serat yang lebih rendah.

Sumber: Journal of the American Dietetic | editor: rini agustin

Spread the love

Leave a Reply