Seperti Apa Daging yang Layak Konsumsi?

Livestockreviw.com, Produk Olahan. Daging ayam saat ini merupakan daging yang harganya relatif murah dibandingkan dengan daging sapi, kerbau, dan kambing, sehingga banyak dikonsumsi masyarakat, dari konsumen kalangan bawah sampai atas. Namun daging (sapi) pun digemari masyarakat karena nilai gizinya tinggi, rasanya enak juga mudah didapat. Kenaikan permintaan pasar perlu diikuti dengan jaminan konsumen tidak tertipu atau dirugikan oleh penyediaan daging yang tak layak konsumsi.

Pengertian Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) adalah segala urusan yang berhubungan dengan hewan dan bahan-bahan/ produk asal hewan yang secara langsung atau tidak langsung memengaruhi kesehatan manusia (PP Nomor 22 Tahun 1983 tentang Kesehatan Masyarakat Veteriner). Pengawasan Kesmavet meliputi melindungi kesehatan dan ketenteraman batin masyarakat dari produk hewan yang tidak memenuhi syarat terutama dari segi keamanan dan keyakinan agama.

Tidak kalah penting adalah memenuhi pangan asal hewan dengan kriteria aman, sehat, utuh, dan halal (ASUH). Aman, dalam arti tidak mengandung bibit penyakit (bakteri, kapang, kamir, virus, cacing, parasit), mikotoksin, racun (toksin), residu obat dan hormon, cemaran logam berat, cemaran pestisida, cemaran zat berbahaya serta bahan-bahan lain yang dapat menyebabkan penyakit dan mengganggu kesehatan manusia.

Sehat dalam arti mengandung zat-zat yang berguna bagi kesehatan dan pertumbuhan tubuh. Utuh artinya tidak tercampur bagian lain dari hewan tersebut atau hewan lain, dan halal berarti perolehan hasil produksi ternak berasal dari ternak yang tidak diharamkan, juga proses pemotongan dan penanganannya sesuai dengan syariat agama Islam.

Untuk mengetahui apakah daging dan ikan yang dibeli sehat atau tidak adalah dengan cara mengetahui ciri-cirinya. Daging ayam yang sehat, yaitu kulit berwarna putih bersih, mengkilat dan tidak dijumpai memar, bau spesifik, tidak berlendir, warna serabut otot agak pucat, bekas pemotongan dileher tidak merata, tidak dijumpai cacat, bersih dari kotoran dan tidak dijumpai bulu dan jeroan pada dagingnya.

Daging sapi yang sehat, yaitu berwarna merah cerah, aroma agak amis sampai tidak berbau, lapisan lemak tipis kecuali bagian tertentu, serabut otot/ daging agak kasar dan kenyal. Ikan yang segar antara lain mata bulat jernih, sisik utuh, insang berwarna merah segar, aroma agak amis dan berlendir. follow our twitter: @livestockreview

Adaptasi: Asto Kuntoro, Dinas Peternakan dan Perikanan Pemkab Semarang (sm) | editor: ria laksmi

Leave a Reply