Sesuatu di Balik Perombakan di Jajaran Eselon II Direktorat Jenderal Peternakan

Livestockreview.com, berita. Mentan Suswono telah merombak susunan pejabat setingkat eselon II dengan memberhentikan 15 pejabat eselon II-a dan 7 pejabat eselon II-b serta menggantikannya dengan jumlah yang sama.

Fauzi Luthan, misalnya, sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan dan digeser menjadi Direktur Budidaya Ternak yang sebelumnya dipegang Riwantoro.

Berikutnya Djajadi Gunawan yang diberhentikan dari jabatannya sebagai Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Pasca Panen setingkat eselon II-a dirotasi menjadi Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan Cinagara setingkat eselon II-b.

Adapun Akhmad Junaidi yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Balai Besar Veteriner Wates menggantikan posisi Djajadi Gunawan.

Pejabat setingkat eselon II-a yang diberhentikan sama sekali di antaranya Mulyono Machmur, Kepala Pusat Penganekaragaman Usaha dan Investasi, dan Agustin Zein Karnaen, Sekretaris Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian. Berikutnya, Chairul Rachman Direktur Pengembangan Usaha dan Investasi dan Agus Sofyan Sekretaris Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian.

“Pemberhentian sebagian pejabat karena sudah masuk masa pensiun,” ujar Suswono. Ada juga nama-nama baru yang menghiasi jajaran eselon dua di Kementan. Mereka a.l. Bambang Budhianto sebagai Direktur Perbenihan Tanaman Pangan, Maman Suherman (Direktur Budidaya Aneka Kacang dan Umbi), Jamil Musanif (Direktur Pengembangan Usaha dan Investasi), dan Abdul Madjid (Sekretaris Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian).

Dirjen Peternakan Prabowo Respatiyo Caturroso mengatakan dengan perombakan beberapa orang pejabatnya diharapkan lebih mendukung percepatan swasembada daging nasional. Pasalnya, Indonesia sudah gagal berswasembada daging pada 2005 dan 2010. “Saya membutuhkan eselon dua yang betul-betul mau bekerja keras,” katanya.Penggantian pejabat di eselon dua, lanjutnya, juga disebabkan pengisian posisi harus oleh orang yang kompetensi di bidangnya.

penulis dan editor: sugiyono

Spread the love

One thought on “Sesuatu di Balik Perombakan di Jajaran Eselon II Direktorat Jenderal Peternakan

  1. “Saya membutuhkan eselon dua yang betul-betul mau bekerja keras,” katanya.Penggantian pejabat di eselon dua, lanjutnya, juga disebabkan pengisian posisi harus oleh orang yang kompetensi di bidangnya.”

    telan ludah,….orang pertanian ngurus penyakit ternak? siap2 kemasukan PMK dari india nih,..ato brazil,…soalnya siswono kan mau kesana tamasya,….sambil liat2 ada peluang cari duit ato engga,…jadi deia butuh orang yg ga terlalu mempedulikan penyakit hewan,….alibinya pake dalih investasi,…tunggu saja berita heboh lainnya,..

Leave a Reply