Pengawas Mutu Pakan Harus Kompeten, Kapabel, Profesional dan Berkinerja Baik

Livestockreview.com, Bisnis. Pakan merupakan komponen terpenting dalam usaha peternakan yang berdampak pada efisiensi produksi dan keamanan produk peternakan. Keamanan pakan sangat terkait dengan isu keamanan pangan. Kebijakan pemerintah dalam pembangunan peternakan terkait dengan pencapaian swasembada daging sapi dan kerbau serta penyediaan produk peternakan yang aman.

Direktur Pakan, Direktorat Jenderal Peternakan Mursyid Ma’sum mengatakan, lembaga sertifikasi profesi melalui penyediaan dan pemeliharaan kualitas sumber daya manusia di bidang nutrisi dan pakan diharapkan dapat mendukung pencapaian sasaran kebijakan pembangunan peternakan.

Potensi dan permasalahan pembangunan peternakan terkait dengan komposisi dan kualifikasi pendidikan aparatur masih ditemukan suatu keadaan yang belum seimbang. Kondisi ini juga sama halnya dalam aspek pengawasan dan kinerja aparatur. Disisi lain ancaman liberalisasi perdagangan dan ekonomi global telah menjadi tantangan yang harus dapat diantisipasi sejak dini.

Kebijakan di bidang pakan harus mampu menjawab tantangan pakan dalam hal ketersediaan pakan dan keamanan pakan, terutama untuk mendukung program PSDSK 2014.

Ma’sum menjelaskan, jabatan fungsional Pengawas Mutu pakan telah ditetapkan oleh KemenPAn-RB SK No. 31 Tahun 2004 dituntut untuk kompeten, kapabel, profesional dan berkinerja baik. Dengan begitu, keberadaan Lembaga sertifikasi diharapkan mampu mendukung target pencapaian tersebut. Hal ini disebabkan kebijakan pengembangan SDM pakan ini harus berdasarkan kompetensi dan keahliannya.

follow our twitter: @livestockreview

penulis: rani wati  | editor: soegiyono

Spread the love

Leave a Reply