Pembibitan Sapi Domestik, Kunci Swasembada Daging

Livestockreview.com, News. Salah satu kunci utama untuk bisa swasembada sapi di Indonesia, khususnya di Jawa Barat ialah dengan melakukan pembibitan (breeding) sendiri atau di dalam negeri tanpa harus mengimpor. “Ke depan harus jadi perhatian kita bersama, supaya bisa swasembada pada saat ke depan satu kata kuncinya ialah pembibitan di Indonesia,” kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di Kota Bandung, baru-baru ini.

Heryawan optimistis Jawa Barat bisa melakukan pembibitan sapi sendiri tanpa harus mengimpor dari luar negeri. “Insya Allah Jabar bisa, bisa ambil peran itu meskipun lahan rumput kita tidak terlalu luas dibandingkan dengan NTB atau Lampung,” kata dia.

Menurut Heryawan, karena keterbatasan lahan hijau untuk pembibitan sapi maka bisa menggunakan lahan insentif. “Saya kira masih bisa dilakukan karena di Cianjur pun ada breeding dan itu tidak menggunakan lahan. Breeding-nya pakai lahan dan pakan insentif, bukan pakan rumput,” katanya.

Pihaknya mendapatkan beberapa informasi penting yakni tentang dua hal untuk membangun ketahanan daging. Dua hal itu, yakni pertama pengurangan impor bakalan dibarengi atau dilakukan seiring sejalan dengan perkembangan breeding di Indonesia. “Dan ketika pembibitan di Indonesia semakin bagus, maka bakalannya dilahirkan di Indonesia, maka pada saat bersamaan akan berkurang mendatangkan sapi bakalan dari luar. Itu kuncinya,” kata Ahmad Heryawan.

sumber: ant4ra | editor: diana mandagi

follow our twitter: @livestockreview

Leave a Reply