Nilai Penjualan daging Meningkat 119% Selama Puasa dan Lebaran

Livestockreview.com, Berita. Memasuki bulan suci Ramadan,konsumen Indonesia menjalaninya dengan dengan meningkatkan ibadah sekaligus menjalin hubungan baik dengan teman, atau lebih dikenal sebagai silahturahmi. Tradisi tahunan ini diukur oleh Nielsen Indonesia, salah satunya adalah dalam hal konsumsi produk olahan hasil ternak di saat festive season ini.
Pada saat lebaran dan puasa, beberapa kategori fast moving consumer good (FMGC) seperti sosis, bakso, nugget mengalami pertumbuhan yang kuat selama periode ini.
Sebagian besar konsumen membeli produk untuk hadiah dan menghibur orang lain. Mereka juga membeli produk yang lebih memudahkan diri mereka sendiri. “Nielsen melihat peningkatan penjualan makanan beku selama bulan puasa. Kategori seperti
sosis & bakso (+34%), ikan kalengan dan daging (119%) dan Nugget (+49%) juga mengalami pertumbuhan selama bulan suci Ramadhan,” ujar Executive Director Nielsen Indonesia Direktur Venu Madhav.
Produk-produk tersebut membantu konsumen dalam menyiapkan makanan mereka lebih cepat, terutama saat sahur dan waktu lain ketika pembantu rumah tangga tidak ada,” kata Madhav.
“Sementara konsumen kelas menengah dan bawah merayakan bulan puasa dengan membeli lebih banyak produk FMCG, kelas atas membelanjakan uang mereka lebih banyak untuk pakaian dan peralatan rumah. Penjualan peralatan rumah tangga selama bulan puasa 2010 meningkat sebesar 25% dibandingkan bulan biasa menurut Nielsen,” lanjut Madhav.

penulis: minarwan | editor: ria laksmi

Spread the love

Leave a Reply