Memberantas Kartel Daging III

Livestockreview.com, Referensi. Sebagai negeri agraris, Indonesia memiliki daerah-daerah yang berpotensi untuk memasok sapi. Daerah-daerah adalah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Lampung, Bali, NTB, NTT, dan Sulawesi Selatan. Semua daerah tersebut mengalami pertumbuhan populasi sapi. Bahkan, pertumbuhan populasi sapi di Papua lebih dari 7% per tahun. Daerah-daerah tersebut juga menyatakan siap mengirimkan sapi ke Jakarta masing-masing sebanyak 5.000 ekor.

Di sisi stok, Indonesia sebenarnya tidak kekurangan pasokan sapi. Masalahnya terletak pada kendala distribusi dan transportasi. Inilah yang harus dituntaskan pemerintah segera. Pemerintah harus segera mewujudkan percepatan pembangunan infrastruktur hingga ke pelosok desa yang menjadi sentra produksi daging. Kita tidak bisa lagi mengandalkan angkutan tradisional yang membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk mengangkut sapi.

Pemerintah harus membangun pelabuhan angkutan khusus komoditas ternak sapi. Kita percaya bangsa ini mampu menciptakan swasembada daging sapi asalkan ada kemauan politik dari para penyelenggara negara. (Tamat)

follow our twitter: @livestockreview

sumber: invest0r | editor: soegiyono

 

Spread the love

One thought on “Memberantas Kartel Daging III

Leave a Reply