Ini 10 Daerah Lumbung Sapi Indonesia

Livestockreview.com, Bisnis. Upaya mewujudkan swasembada daging sapi pada 2014 terus dilakukan dengan berbagai langkah strategis. Beberapa langkah itu yakni menyiapkan berbagai program mulai dari kebijakan impor, menambah pasokan lokal hingga menyiapkan angkutan khusus untuk mengatasi pasokan daging sapi nasional.Khusus pasokan daging sapi dari lokal, Direktur Budidaya Ternak Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Fauzi Luthan, mengaku Indonesia memiliki sumber yang tersebar di berbagai daerah. Jawa Timur menempati posisi pertama penghasil sapi, bahan baku daging terbesar di Indonesia.

“Provinsi ini menempati urutan pertama dengan menhasilkan 4,7 juta ekor sapi per tahun. Urutan kedua adalah Jawa Tengah dengan total produksi 1,9 juta ekor sapi per tahun,” tutur dia, beberapa waktu lalu. Selain kedua wilayah tersebut, masih ada wilayah lain yang menjadi harapan pemerintah memasok daging bagi seluruh masyarakat di Indonesia.

Pasokan sapi tersebut akan dikirim ke seluruh wilayah di Indonesia menggunakan angkutan daging sapi melalui laut dan darat.

Inilah 10 daerah lumbung sapi terbesar di Indonesia berdasarkan data Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian:

1. Jawa Timur : 4,7 juta ekor
2. Jawa Tengah : 1,9 juta ekor
3. Sulawesi Selatan : 984 ribu ekor
4. NTT : 778,2 ribu ekor
5. Lampung : 724,8 ribu ekor
6. NTB : 685,8 ribu ekor
7. Bali : 637,5 ribu ekor
8. Sumatra Utara : 541,7 ribu ekor
9. D.I Yogyakarta : 376,3 ribu ekor
10 Sulawesi Tengah : 231,4 ribu ekor.

follow our twitter: @livestockreview

sumber: antar4 | editor: sugiyono

Leave a Reply