Hati-hati dengan Ayam Kampung Palsu

Livestockreview.com, Bisnis. Saat ini ada banyak usaha peternakan ayam kampung, tetapi bibitnya bukan ayam Kampung asli. Banyak usaha pembibitan yg melakukan persilangan antara ayam Kampung asli dengan ayam ras yg kemudian mereka namakan ayam Kampung Super.Peringatan itu disampaikan oleh Ketua Himpunan Peternak Unggas Lokal Indonesia (HIMPULI) Ade M Zulkarnain dalam akun facebooknya belum lama ini. Menurut Ade, usaha yang disebut sebagai peternakan ayam Super tersebut jelas sangat merugikan masyarakat luas, karena tiga hal: Kebohongan publik karena mereka menjual produk ternaknya dengan memanfaatkan nama ayam Kampung. Padahal uang mereka ternakkan adalah ayam persilangan.

Kedua, usaha peternakan seperti itu merusak sumberdaya genetika asli ayam Indonesia, dan ketiga merugikan peternak yg benar-benar menjalankan usaha peternakan ayam Kampung asli.

Ade menengarai beberapa usaha pembibitan ayam Kampung Palsu tersebut antara lain di Sukabumi, Bekasi, Yogyakarta & Kediri.

Himpunan Peternak Unggas Lokal Indonesia (Himpuli) mengimbau kepada peternak untuk berhati-hati dalam memilih bibit ayam kampung dengan benar. Adapun kepada pembibit ayam Kampung Palsu, diminta untuk bersikap jujur & terbuka mengenai produk ternak persilangannya.

follow our twitter: @livestockreview

penulis: rur1 naw4ngwulan| editor: soegiyono

Spread the love

Leave a Reply