Beragam Manfaat Telur

Livestockreview.com, Produk Olahan. Sebagai sumber protein yang murah, telur diyakini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Apa sajakah khasiat telur? Berikut uraian ringkasnya.

SUMBER PROTEIN

Tubuh kita memerlukan protein untuk memperbaiki fungsi organ tubuh, dan telur mengandung 9 zat penting dan asam amino yang berfungsi meningkatkan kadar protein dalam tubuh.

BAIK BAGI MATA

Telur memiliki lebih banyak sumber antioksidan yang baik untuk mata, yaitu karotenoid. Lutein dan zeaxanthin merupakan jenis senyawa karotenoid yang penting bagi pengelihatan di mana hanya keduanya yang bisa memberi manfaat bagi makula, daerah kecil pada retina yang bertanggung jawab terhadap ketajaman mata.

TIDAK MENINGKATKAN KOLESTEROL

Penyakit kardiovaskular tidak ada hubungannya dengan makan telur karena telur hanya mengandung 5 gram lemak jenuh, jenis lemak yang tidak memicu kenaikan kadar kolesterol jahat.

MENCEGAH KERUSAKAN SEL

Telur mengandung vitamin E. Kombinasi antara selenium dan vitamin E berperan sebagai antioksidan yang dapat mengurangi risiko kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas. Satu butir telur dapat menghasilkan 10 persen dari total kebutuhan tubuh terhadap selenium.

 

BAIK UNTUK DIET

Berkadar lemak dan kalori rendah. Satu butir telur hanya mengandung 71 kalori, yang merupakan jumlah kalori yang cukup baik untuk mereka yang sedang menjalani diet.

PENCEGAH PENYEBARAN BAKTERI

Berdasarkan sebuah penelitian di Jepang, telur mengandung zat peptida yang mengikat bakteri E.Coli dan mencegahnya untuk menyebar.

 follow our twitter: @livestockreview

sumber: prevention  | editor: ria lakmsi

 

 

 

Leave a Reply