Apa dan Bagaimana Sistem Rantai Pendingin di Produk Hasil Ternak

Livestockreview.com, Referensi. Rantai pendingin menjadi salah satu hal penting dalam sistem pengolahan produksi olahan hasil ternak, seperti daging dan susu. Untuk memperpanjang umur simpan sekaligus mempertahankan mutu produk olahan hasil ternak, sistem rantai dingin sangat tepat untuk diterapkan pada produk tersebut.

Pengertian rantai dingin atau “cold chain” adalah mekanisme “supply chain” dengan suhu yang terkendali. Rantai dingin merupakan jaringan penyimpanan dan distribusi pada kisaran suhu yang telah di tetapkan.

Mekanisme rantai dingin ini dijalankan dengan tujuan untuk membuat produk daging atau susu tetap segar, menghambat pertumbuhan mikroorganisme, dan membuat produk dapat memiliki umur yang lebih panjang. Rantai dingin juga penting agar produk yang hasil ternak siap santap, seperti nugget, sosis, atau yoghur, tetap segar dan aman untuk dikonsumsi.

Pengawasan yang terencana dan terdokumentasi akan memberikan andil yang sangat besar terhadap pengendalian rantai dingin. Koreksi dan tindakan koreksi yang terencana, tervalidasi dan terdokumentasi akan memastikan produk aman untuk dikonsumsi konsumen.

penulis: 4zn1 | editor: soegiyono

follow our twitter: @livestockreview

Spread the love

Leave a Reply