Apa & Bagaimana Problematika Pemenuhan Suplai Daging Sapi di Indonesia

Livestockreview.com, Referensi. Daging sapi merupakan salah satu produk peternakan utama yang dihasilkan dari sapi potong. Bahan pangan ini memiliki nilai gizi yang tinggi, dengan kandungan gizi utama adalah lemak dan protein.

Selain protein dan lemak, daging sapi memiliki banyak mineral, seperti kalsium dan magnesium, serta vitamin, seperti vitamin A dan B, yang dibutuhkan tubuh untuk proses pertumbuhan dan menjaga kesehatan. Dengan demikian, daging sapi menjadi salah satu pangan penting untuk dikonsumsi manusia.

Pentingnya konsumsi daging sapi sebagai pemenuhan gizi membuat pemerintah merancang program swasembada daging sapi untuk memenuhi kebutuhan domestik daging sapi. Namun, banyaknya permasalahan yang terjadi baik di Pemerintahan, di tingkat produsen dan konsumen membuat program swasembada daging sulit untuk dilaksanakan.

Permasalahan yang terjadi di pemerintahan adalah belum cukup data yang cukup akurat mengenai sebaran populasi sapi potong yang terdapat di Indonesia. Sedangkan permasalahan di tingkat produsen di antaranya pemberdayaan peternak sapi potong belum berjalan baik dan modal yang dimiliki peternak sapi potong tidak besar. Masalah-masalah di kalangan produsen menimbulkan masalah di tingkat konsumen yang memengaruhi tingkat konsumsi daging sapi. Adapun permasalahan utama yang terjadi di tingkat konsumen adalah tingginya harga daging sapi.

follow our twitter: @livestockreview

penulis: sy1f4 | editor: soegiyono

Leave a Reply