Memanfaatkan Limbah Kulit Pisang untuk Pakan Unggas

3
562

Livestockreview.com, Kampus. Kulit pisang merupakan limbah dari industri pengolahan pisang. Pengolahan pisang akan menghasilkan limbah kulit pisang yang cukup banyak jumlahnya yaitu kira-kira sepertiga dari buah pisang yang belum dikupas (Munadjim, 1983). Selain menjadi limbah industri pengolahan pisang, kulit pisang juga merupakan limbah rumah tangga yang jika dibuang sembarangan akan mengakibatkan orang lain terpeleset dan mengotori lingkungan sekitar. Oleh karena itu, perlu adanya pengolahan kulit pisang menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Limbah kulit pisang ini dapat dimanfaatkan untuk cuka kulit pisang, nata de banana, wine (anggur), dan pakan ternak. Dilihat dari komposisinya, kulit pisang memiliki kandungan vitamin A sangat tinggi, terutama provitamin A, yaitu beta-karoten, sebesar 45 mg per 100 gram berat kering. Beta-karoten berperan sebagai antioksidan (Elvien, 2010). Selain itu, kulit pisang juga mengandung karbohidrat terutama bahan ekstrak tanpa nitrogen sebesar 66,20 % (Heruwatno, 1993), sehingga dapat digunakan untuk mengganti sebagian jagung atau dedak dalam ransum.

Adanya ancaman kenaikan harga bahan baku pakan, seperti jagung, maka dibutuhkan bahan yang dapat disubtitusi untuk menurunkan biaya pakan. Adanya substitusi sebagian jagung dengan limbah kulit pisang akan dapat mengurangi biaya pakan dan juga berpengaruh dengan biaya produksi yang dikeluarkan peternak.

Pada beberapa penelitian menunjukkan pemberian pakan buatan yang mengandung tepung kulit pisang dapat meningkatkan produksi ayam kampung dilihat dari pertambahan berat badan, konsumsi pakan, konversi pakan, kadar kolesterol dalam serum darah, daging, hati, feses, dan berat organ pencernaan.

Pemberian pakan buatan yang mengandung tepung kulit pisang juga dapat menghasilkan daging ayam broiler dengan kadar kolesterol rendah. Hal ini menunjukkan kulit pisang dapat dimanfaatkan sebagai pakan unggas yang dapat menghasilkan produk yang rendah kolesterol. Kandungan kolesterol yang tinggi akan menyebabkan banyak orang yang menghindari untuk mengkonsumsi produk tersebut demi kesehatan. Oleh karena itu, diperlukan produk ternak unggas yang sehat dan rendah kolesterol. Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan kulit pisang sebagai pakan unggas.

Rika Zahera, himpunan mahasiswa fakultas peternakan ipb, lantai 1 fakultas peternakan kampus ipb Darmaga 16680 

follow our twitter: @livestockreview

3 COMMENTS

  1. kk, salam kenal \. saya sangat tertarik dengan tulisan blog anda. yang saya bingun memang sekarang ada g ya industri rumah tangga atau UKM-UKM yang mengolah kulit pisang sebagai bahan bakunya?? mohon pencerahanya

  2. salam kenal,ide yang bagus,di tempat saya limbah kulit pisang banyak sekali,tapi gimana cara membuat kulit pisang menjadi tepung…mohon petunjuknya….thanks.

  3. saya sangat tertarik dengan kulit pisang ini, se andainya kulitnya kita cincang aja ga’ di buat tepung bisa ga”….