Kiat Mengolah Daging Beku

1
7

Livestockreview.com, Produk Olahan. Dalam menangani  kualitas daging beku, sistem FIFO (first in first out) sebaiknya juga diberlakukan. Kebiasaan mengeluarkan dan memasukkan kembali daging beku ke dalam freezer harus dihilangkan. Sebab, setiap kali daging beku dikeluarkan dari freezer ke suhu yang lebih tinggi (tidak lagi suhu beku), jus daging berisi zat gizi akan keluar melalui cairan yang menetes dari daging (dripping). Hal ini tentu bisa mengurangi kandungan gizi dalam daging.Pada saat produk daging beku mulai mencair atau suhunya sudah tak lagi beku, mikroba yang tadinya tidak aktif, perlahan seakan ‘bangun’ dari tidurnya dan aktif kembali. Makanya, selain cara pembekuan, cara pengolahan daging beku pun tak kalah penting untuk diketahui. Meski sudah disimpan beku dengan cara yang tepat, kalau diolah dan dimasak kurang tepat, ancaman penyakit dari bakteri patogen pun masih sangat mungkin terjadi.

Di sinilah pentingnya proses thawing (mencairkan daging beku). Thawing yang paling disarankan adalam menurunkannya dari freezer ke chiller beberapa jam sebelum daging akan dimasak. Cara lain bisa dengan menggunakan fitur defrost pada microwave atau merendam daging beku (masih dalam plastik atau kemasannya yang rapat) dalam air.

Proses thawing berguna untuk membantu proses pemasakan daging agar berjalan sempurna. Maksudnya, jika daging beku langsung dimasak, maka saat dimasak, bisa jadi bagian terdalam daging belum matang sempurna (terutama jika proses pemasakannya berlangsung singkat). Proses pemanasan selama pemasakan berjalan mulai dari permukaan daging menuju bagian dalam.

Saat bagian luar (permukaan daging) terlihat sudah matang, bisa jadi Anda menyangka kalau daging tersebut sudah matang, padahal mungkin saja panas belum masuk sempurna ke daging bagian dalam sehingga sesungguhnya daging baru matang sebagian. Kondisi ini tentu berbahaya karena artinya bakteri yang ada dalam daging bagian terdalam (jika ada) belum tentu mati. Bakteri tersisa inilah yang akan menyebabkan penyakit. Jika sebelum dimasak daging sudah di-thawing dengan benar, saat dimasak semua bagian daging akan matang sempurna.as/k

follow our twitter: @livestockreview

 

penulis: mohtar b4hrun | editor: nurj4nah

1 COMMENT