ISMAPETI on the Move

Livestockreview.com, Kampus. Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia yang selanjutnya disingkat ISMAPETI merupakan gabungan lembaga-lembaga tertinggi di tingkat Fakultas atau Jurusan peternakan se-Indonesia yang bergerak dalam sisi sosial kemasyarakatan dan politik keilmuan. ISMAPETI didirikan pada tanggal 18 April 1983 di Baturaden, Purwokerto. Lembaga ini merupakan wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan aspirasinya, mengapresiasikan bakat & keahliannya serta menerapkan teori dari pengetahuan yang telah dimiliki.

Melalui kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan, mahasiswa diharapkan mendapatkan pengetahuan mengenai hidup kerjasama, berorganisasi, dan bersikap di depan publik sehingga mereka tidak lagi canggung ketika hidup di masyarakat. Tujuan utamanya adalah menjadikan lembaga ini lebih dinamis ke depannya, mampu berfikir inovatif secara jeli dan melangkah secara terencana dalam memberikan pelayanan dan tanggap dalam aksi nyata dilapangan, namun tetap dalam koridor kebenaran dan keadilan. Secara struktural lembaga ini diketuai oleh 1 orang ketua umum dan 5 orang ketua bidang dengan keterwakilan wilayah didalamnnya.

Bidang-bidang tersebut diantaranya yaitu : ketua 1 bidang administrasi dan keuangan, ketua 2 bidang kaderisasi, ketua 3 bidang Advokasi, propaganda dan Aksi, ketua 4 bidang Informasi dan Komunikasi dan ketua 5 bidang Ilmu dan keprofesian. Beberapa contoh kegiatannya antara lain kajian – kajian & diskusi rutin permasalahan peternakan, aksi turun kejalan, dan ada juga beberapa kegiatan utama yaitu Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS), Bakti Mahasiswa Peternakan (BAMPI), Temu Ilmiah mahasiswa Peternakan (TIMPI), Dies natalis ISMAPETI, Musyawarah Nasional (MUNAS), dan masih banyak kegiatan-kegiatan lainnya. ISMAPETI terbagi dalam 5 wilayah yaitu : wilayah 1 meliputi Sumatera, wilayah 2 meliputi Jawa Barat, Banten dan Jakarta, wilayah 3 meliputi Jawa Tengah dan DIY, wilayah 4 meliputi Kalimantan, Jawa Timur, Bali, Madura dan NTB, wilayah 5 meliputi Sulawesi, Maluku, NTT dan Irian Jaya. ISMAPETI berfungsi sebagai agent of control terhadap kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah dan masih banyak lagi peran lainnya.

Arah kerja
Usaha untuk menjadikan ISMAPETI bersama seluruh elemen mahasasiswa peternakan menjadi lebih baik itulah yang kami namakan perjuangan. Menciptakan suasana yang lebih dinamis, selalu berkarya inovatif, dan tanggap dalam aksi nyata kami hadir untuk turut bergabung dalam roda pembangunan khususnya di bidang profesi kami yaitu bidang peternakan. Melalui penggambaran inilah kami tuangkan dalam Visi Misi pergerakan kami dalam kepengurusan 2 tahun kedepan agar kami dalam menjalankan amanah yang diberikan dapat terarah dan jelas.

Visi

“Meningkatkan Bargining position ISMAPETI sebagai lembaga yang DINAMIS,  INOVATIF dan tanggap dalam AKSI nyata”

Misi
1.    Melakukan fungsi-fungsi kaderisasi dengan system controling monitoring.
2.    Menjadikan ISMAPETI inovatif dalam aksi.
3.    Menjalin komunikasi yang baik dengan pengurus wilayah dan stakeholder peternakan.
4.    Membangun peternakan Indonesia guna mendukung ketahanan pangan nasional.

Pengurus Besar (PB) ISMAPETI Periode 2008-2010

Ketua Umum PB ISMAPETI             : Ismatullah Salim(UGM)
Ketua I Administrasi dan Keuangan    : Baiq Tutik Yuliana (IPB)
Ketua II Kaderisasi            : Riski Mulyadi (UIN SUSKA RIAU)
Ketua III Advokasi, Propaganda dan Aksi    : Alip Hamzah M A(UNSOED)
Ketua IV Informasi dan Komunikasi     : Putu Novia Gariri(UDAYANA)
Ketua V Ilmu dan Kepofesian        : Irzan(UNTAD)

Pada 10-14 Desember mendatang, ISMAPETI akan mempunyai gawe besar, yakni MUSYAWARAH NASIONAL ISMAPETI KE XI.Acara akan digelar di Kampus Universitas Jenderal Sudirman (UNSOED) Purwokerto, Jawa Tengah.

Bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang acara ini, silakan menghubungi panitia kegiatan:

Panitia Munas ISMAPETI XI
Kampus Fakultas Peternakan UNSOED
Jl Dr Soeparno Kotak POS 110, Karangwangkal, Purwokerto, JAWA TENGAH
Telp. (0281) 6245041 Fax (0281) 638792
Email : agueng.puji@gmail.com
Contact Person : Alip (085281668189),Puji (08567135200),Salim (081310723389)

Spread the love

Leave a Reply