Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Peternakan UNPAD akan Gelar ‘Fapet Fair 2010’

Livestockreview.com, Kampus. Dunia peternakan saat ini sedang mengalami proses perkembangan terkait dengan pengembangan ternak lokal khususnya di daerah Jawa Barat, sehingga berbagai pihak yang terkait sudah bersiap diri untuk hal tersebut. Peningkatan populasi ternak lokal juga bertujuan untuk meningkatkan sumber pangan yang sangat berperan dalam membangun kecerdasan bangsa dan kualitas gizi masyarakat dengan diprogramkannya swasembada daging 2014.

Terkait dengan wacana tersebut, segala kebutuhan yang diperlukan sangatlah banyak.Selaku praktisi, akademis, serta lulusan yang bergerak didalam bidang peternakan membutuhkan suatu wadah untuk mencapaiannya. Mahasiswa sebagai agen pembaharu memiliki tanggung jawab tersendiri dalam membantu pemulihan dunia peternakan sesuai dengan kapasitas dan profesinya dalam bidang peternakan, dilatarbelakangi ini semua kami Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran, mencoba untuk memfasilitasi masyarakat untuk memahami dan membantu memulihkan dunia peternakan dengan menyelengarakan berbagai kegiatan yang tergabung dalam rangkaian acara “ FAPET FAIR 2010” dengan harapan setelah diselenggarakannya kegiatan ini eksistensi dunia peternakan akan semakin berkembang dan dapat menjalankan fungsinya untuk membangun gizi dan mencerdaskan bangsa.

Fapet Fair 2010 yang mengangkat tema “Pengembangan Ternak Lokal untuk Mendukung Swasembada Daging 2014” tersebut memiliki empat tujuan penting, yakni:
1. Membuka wawasan tentang dunia peternakan.
2. Memulihkan kembali citra dunia peternakan di kalangan masyarakat secara umum.
3. Meningkatkan kreatifitas dalam mengembangkan softskill yang membantu
membangkitkan dunia peternakan
4. Meningkatkan tingkat konsumsi protein hewani.

Adapun Sasaran kegiatan ini ditujukan kepada :
1. Anggota Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia (ISMAPETI)
2. Peternak rakyat
3. Akademisi Peternakan
4. Asosiasi Peternakan Nasional
5. Birokrat Peternakan
6. Pengusaha dan perusahaan swasta di bidang peternakan.
7. Siswa/i SMA se-Bandung Raya

Kegiatan yang digelar BEM Fakultas Peternakan Unpad ini terbagi dalam 7 kegiatan, yakni:
Seminar Job and Education Fair
Kegiatan yang diselenggarakan untuk memberikan pendidikan bagi mahasiswa maupun alumni seputar dunia kerja dan persiapannya di bidang peternakan atau bidang yang berkaitan dengan bidang peternakan. Sasaran peserta antara lain adalah mahasiswa peternakan, peternak rakyat, siswa/I SMA, dan para pejabat dibidang peternakan serta para usahawan di bidang peternakan.

Talkshow

Kegiatan ini diselenggarakan untuk mengetahui sejauh mana pemerintah bersama pihak yang terkait mempersiapkan diri untuk membawa ternak lokal Jawa Barat mampu bersaing dengan produk peternakan lainnya serta peran ternal lokal dalam Swasembada daging 2014, serta peluang apa yang sekiranya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menghadapi persiapan tersebut. Seminar ini akan menghadiri sejumlah pembicara yang sangat berkompeten di bidangnya, sbb :
a. Dinas Peternakan Jawa Barat
b. Dosen Peternakan UNPAD
c. Peternak Domba yang sudah berkembang Diharapkan setelah diselenggarakan kegiatan ini para praktisi peternakan dan masyarakat umum mampu memanfaatkan momen tersebut sebagai ladang usaha

Lomba Melukis antar SMA
Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengembangkan keatifitas khususnya dalam melukis dengan targetan peserta siswa/siswi SMA se-Bandung Raya, dengan tema Ternak Metropolitan. Diharapkan kegiatan ini memacu perkembangan softskill, mengenal perkembangan dunia peternakan, dan berminat untuk meningkatkan respon tentang program swasembada daging 2014.

Lomba Fotografi antar SMA

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengembangkan keatifitas khususnya dalam karya fotografi dengan targetan peserta siswa/siswi SMA se-Bandung Raya. Dengan Tema Peternakan Lokal Jawa Barat. Diharapkan kegiatan ini memacu perkembangan softskill, mengenal dan memajukan jenis ternak lokal khususnya di Jawa Barat, dan berminat untuk meningkatkan respon tentang program swasembada daging 2014.

Donor Darah
Kegiatan ini ditujukan untuk membuktikan kepedulian insan peternakan dalam hal menumbuhkan rasa solidaritas kepada manusia, memfasilitasi mahasiswa dan masyarakat umum yang ingin mendonorkan darahnya, dan membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan darah.

Pameran Peternakan

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengembangkan keatifitas dan memperkenalkan produk-produk peternakan kepada masyarakat luas,
dengan target peserta para peserta PKM Mahasiswa yang telah lolos, dan berbagai pihak yang ingin memamerkan karyanya dengan tema Dengan Majunya Peternakan kita, Maka Majulah Indonesiaku Diharapkan kegiatan ini memacu perkembangan softskill dan berminat untuk meningkatkan respon tentang program Perkembangan ternak lokal Jawa Barat.

Aksi Gizi
Kegiatan ini adalah salah satu bentuk kegiatan sosialisasi kepada masyarakat umum untuk meningkatkan konsumsi protein hewani. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan pada hai minggu bertempat di lapangan gasibu pada hari minggu yang ramai dipadati oleh masyarakat Kota Bandung dan sekitarnya. Bentuk kegiatan terdiri dari minum susu dan telur gratis bersama Gubernur Jawa Barat, pameran peternakan, donor darah,lomba melukis, dan talkshow.

Informasi lebih jauh tentang kegiatan Fapet Fair 2010 ini dapat menghubungi langsung ke:
Sekretariat Fapet Fair 2010
Badan Eksekutif Mahasiswa Fapet Unpad
Jln. Raya Bandung-Sumedang Km 21 Jatinangor, Sumedang
Contact Person : Sugeng (085693118967) atau Rini (085659957040)

Spread the love

One thought on “Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Peternakan UNPAD akan Gelar ‘Fapet Fair 2010’

Leave a Reply