Pilihlah Yogurt Terbaik Untuk Tubuh Anda

Livestockreview.com. Produk Olahan. Dalam beberapa tahun terakhir ini, kini hampir setiap pusat perbelanjaan memiliki stan yang khusus menjual produk hasil ternak, yakni susu asam seperti yogurt. Orang terpesona dengan khasiat probiotik untuk mensuplai bakteri baik ke dalam saluran pencernaannya. Tapi tahukah bahwa salah memilih yogurt justru akan menghapus manfaat bakteri baik yang kemudian membuat kita berisiko mengalami diabetes.

Sebabnya, yogurt yang harusnya menjadi makanan sehat itu, ditambahkan dengan gula dengan jumlah yang besar. Yang hanya membuat satu scoop penyajian yogurt sama dengan segenggam permen. Itu sebabnya, yogurt yang tidak sehat memiliki sebutan lain yaitu permen berbentuk cair.

Bagaimana memilih yoghurt yang sehat? Berikut adalah panduan bagi kita untuk memilih yogurt yang benar-benar sehat bagi tubuh.

Perhatikan kalorinya: Yogurt bisa menjadi makanan yang merampingkan pinggang tapi bisa juga sebaliknya. Kuncinya adalah mengetahui berapa banyak kalori yang akan masuk ke dalam tubuh ketika kita tengah menikmatinya. Pilihan cerdasnya adalah dalam satu penyajian, tidak boleh lebih dari 200 kalori. Karena yogurt terbuat dari susu, yang apabila menggunakan semangkuk susu bebas lemak maka kandungannya sudah 86 kalori.

Perhatikan lemaknya : Takaran amannya adalah 4 gram, sebab jumlah ini menunjukkan sumber lemaknya hanya dari susu. Jika jumlahnya lebih dari itu, artinya sumber lemak di dapat dari bahan makanan yang memiliki lemak jenuh yang berbahaya bagi jantung.

Perhatikan gulanya : Bahkan yogurt yang plain-pun ditambahi dengan gula, sebab bahan baku susu yang digunakan umumnya membutuhkan 12 gram gula per mangkuk. Bisa dibayangkan apa yang terjadi pada yogurt dengan sensasi rasa tertentu. Baik gula yang didapat dari buah maupun zat perasa buatan semuanya terikat dengan nilai kalori tertentu. Dalam satu hari, rata-rata perempuan membutuhkan 40 gram gula. Dan jauhi produk-produk makanan atau minuman yang menggunakan fructose corn syrup sebagai pemanis buatan karena bisa membuat pinggang kita melebar dan berisiko mengalami diabetes.

Perhatikan proteinnya : Bisa dibilang protein adalah nutrisi yang sangat diidam-idamkan ketika sedang berdiet. Karena itu jangan pernah lupa melihat kandungannya dalam setiap makanan atau minuman kita. Idealnya protein yang harus ada di dalam yogurt adalah 6 gram agar tidak kalah saing dengan gula atau pemanis buatan yang ditambahkan.

follow our twitter: @livestockreview

sumber: prevention | editor: sitoresmi fauzi

Spread the love

Leave a Reply