Pemerintah Siap Revitalisasi 14 Rumah Pemotongan Hewan

Livestockreview.com, Bisnis. Kementerian Pertanian (Kemtan) menyediakan dana investasi Rp 58 miliar hingga Rp 84 miliar untuk revitalisasi Rumah Pemotongan Hewan (RPH) di seluruh Indonesia. Dengan adanya dana revitalisasi ini, diharapkan RPH tak lagi memotong dalam bentuk karkas tetapi sudah dalam bentuk meatbox (daging beku yang dikemas).

Syukur Iwantoro, Dirjen Peternakan  mengatakan, tahun ini Kemtan akan melakukan revitalisasi untuk 14 RPH yang tersebar di wilayah sentra produksi sapi. Satu unit RPH membutuhkan biaya revitalisasi sebesar Rp 4 miliar hingga Rp 6 miliar.

“Dana revitalisasinya akan dianggarkan dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN),” ujar Syukur, baru-baru ini. Beberapa wilayah yang akan dilakukan revitalisasi RPH diantaranya adalah Lombok, Bima, Jember, Malang, Surabaya, Boyolali dan Bogor.

Selama tahun 2012, pemerintah kesulitan dalam distribusi sapi untuk memenuhi pasokan di wilayah DKI Jakarta. Pasalnya, ongkos transportasi mengirim sapi cukup mahal. Nantinya, dengan revitalisasi RPH tak perlu lagi mengirim sapi dalam kondisi hidup tetapi sudah dalam bentuk meatbox.

Hal ini akan menghemat ongkos transportasi sehingga distribusi pasokan daging sapi akan lancar. “Setiap hari, RPH ini akan memotong sapi sebanyak 20 ekor hingga 40 ekor dalam bentuk meatbox,” kata Syukur.

sumber: k0ntan | editor: soegiyono 

follow our twitter: @livestockreview

Spread the love

Leave a Reply