Menjaga Kesterilan Hatchery

Livestockreview.com, Berita. Untuk menjaga tingkat sterilitas yang tinggi pada area hatchery atau penetasan telur pada industri peternakan unggas, salah satu caranya adalah dengan mendesain ruangan yang bisa dikontrol jumlah kuman yang ada di dalam ruangan hatchery tersebut.Ruangan yang steril terhadap hama tersebut sangat mendukung upaya aplikasi  good farming practises pada industri perunggasan, sehingga produk day old chick (DOC) yang dihasilkan bisa bebas kuman penyakit  ketika ditetaskan.

Ruangan tersebut biasa dikenal dengan sebutan sandwich panel, yang pada umumnya memiliki bahan-bahan yang berbeda tergantung kebutuhan industri, yakni berbahan polyurethane yang dikhususkan untuk cleaning room bersuhu 4-24 oC. “Adapun untuk industri cold storage yang menyaratkan ruangan bersuhu di bawah nol, bahan yang digunakan yakni polyisosianurate untuk ruangan bersuhu di bawah nol atau ruangan untuk cold storage,” kata Direktur Mitra Manunggal Selaras Triagus Wibowo dalam suatu perbincangan dengan Livestockreview.com.

Pengalaman Wibowo dalam pembangunan sandwich panel untuk hatchery ini antara lain ia lakukan di hatchery milik Cibadak dan Sierad Produce.
Pembangunan ruangan dengan sandwich panel, jelas Wibowo, sangat membantu industri terutama dalam  menjaga proses produksi DOC selalu dalam kondisi steril.

“Di samping bisa dibangun secara knock down, pembangunan sandwich panel bisa dilakukan dalam waktu yang relatip cepat, dan tidak memerlukan perawatan yang rumit,” jelas Wibowo.red

Spread the love

Leave a Reply