Kiat Menetapkan Harga Produk

Livestockreview.com, Bisnis. Sebagai soerang wirausaha yang baru saja merintis usaha atau bisnis, banyak hal baru yang harus dipelajari. Di antara begitu banyak hal yang harus dipelajari itu ialah bagaimana menentukan harga produk atau jasa yang akan ditawarkan kepada konsumen. Harus jujur diakui bahwa menentukan harga produk atau jasa adalah salah satu hal yang paling membingungkan yang harus dihadapi oleh entrepreneur pemula yang belum mengerti seluk beluk pasar. Tentukan harga dengan pantas dan itu bisa meningkatkan angka penjualan produk dengan baik. Sebaliknya, dengan memilih harga yang kurang tepat, akan ada masalah datang di kemudian hari.

Namun, jangan khawatir karena ada berbagai macam cara untuk mengatasi kebingungan dalam menentukan harga yang pantas.

Pastikan harga yang ditetapkan memenuhi tujuan bisnis. Sudah saatnya mengubah asumsi bahwa hargalah satu-satunya yang bisa mendorong orang membeli produk atau jasa Anda. Sadarilah bahwa meskipun harga yang Anda berikan lebih murah dari harga rata-rata pasar, semua akan sia-sia jika keahlian menjual kurang memadai, strategi penjualan yang diterapkan salah dan staf penjualan kurang bisa bekerja secara baik.

Waspadalah dengan dua kesalahan berisiko yang bisa membawa efek kontraproduktif pada bisnis, sepertiĀ  penentuan harga yang terlalu murah dan terlalu mahal. Dengan memberikan harga yang terlalu rendah, tidak akan menjamin sepenuhnya produk Anda akan terjual di masa resesi karena kebanyakan konsumen akan lebih mempertimbangkan apakah harga tersebut pantas atau tidak. Harga yang terlalu tinggi juga bisa membuat konsumen beralih ke produk lainnya.

Faktor-faktor yang berpengaruh dalam penentuan harga

Ada dua faktor yang berpengaruh dalam menentukan harga yang sesuai untuk produk Anda. Pertama, ketahui dengan baik pelanggan Anda. Lakukan riset untuk mengetahui karakteristik pelanggan Anda. Jika belum memliki anggaran khusus untuk riset, kelompokkan konsumen menjadi beberapa segmen yang bisa mempermudah Anda mempelajari prilaku mereka, misalnya kelompok yang sensitif terhadap harga, kelompok yang berorientasi kenyamanan, dan kelompok yang mengutamakan status. Kemudian Anda bisa menentukan harga dengan lebih akurat.

Kedua, ketahui dengan seksama biaya Anda. Intinya, Anda harus menghitung biaya sehingga bisa menutupnya dulu baru menentukan seberapa besar keuntungan. Hal lain yang perlu diketahui ialah sejauh mana Anda bisa menaikkan harga produk dan seberapa banyak produk yang harus berhasil Anda jual dalam kurun waktu tertentu.

Bagaimana menentukan kenaikan atau penurunan harga? Setiap jangka waktu tertentu, Anda bisa bereksperimen untuk menentukan berapa harga yang tepat. Naikkan harga kemudian iringi dengan penambahan bonus atau layanan baru. Pantau harga dan biaya sehingga bisa tetap berkompetisi dalam pasara yang semakin ketat.

Naikkan harga dengan bertahap dan segera setelah itu pantau volume penjualan. Sebaliknya, pertimbangkan untuk menurunkan harga jika Anda mengetahui bahwa segmen yang menjadi target Anda tidak mampu membeli produk. Berikan potongan harga dengan syarat dan waktu tertentu sehingga konsumen datang kembali.

penulis & editor: adityawarman

Leave a Reply