Ini Dia Karakteristik Ayam Lokal Indonesia

Livestockreview.com, Referensi. Ayam buras sebagai salah satu kekayaan plasma nutfah Indonesia memiliki beberapa karekteristik, dan hal ini menjadi modal penting untuk meningkatkan pengembangan unggas lokal.Karakteristik ayam buras khas Indonesia itu tersebut antara lain:

– Sub sistem agribisnis hulu dan sub sistem usaha peternakan tidak terjadi spesialisasi dan umumnya belum banyak tersentuh teknologi baru

РPenyebaran produksi cenderung mengikuti penyebaran penduduk, dan hal ini merupakan indikasi bahwa ayam buras dan itik merupakan bagian penting dari sistem ketahanan pangan;

– Spesialisasi produksi daging dan telur tidak terjadi melainkan diproduksi secara bersama-sama, sehingga peningkatan populasi umumnya diikuti oleh peningkatanproduksi telur dan daging secara bersama-sama.

Ayam lokal sebagai sumberdaya genetik dalam negeri harus terus didukung pengembangannya, sebab selain melestarikan warisan negeri, pengembangan ayal lokal maupun unggas lokal memberikan manfaat yang begitu banyak. Masalahnya, mampukah para stakeholder perunggasan nasional bekerja sama dengan baik agar mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas unggas lokal? Sebuah tanda tanya besar.

penulis rama | editor: soegiyono 

follow our twitter: @livestockreview

 


 

Spread the love

Leave a Reply