Fakta Menarik Seputar Keju

Livestockreview.com, Produk Olahan. Mendengar keju, di benak kita sudah berputar-putar berbagai jenis makanan enak. Tapi tahukah bahwa sebenarnya ada beberapa hal menarik yang barangkali tidak kita tahu tentang produk hasil olahan produk ternak ini.

Yuk, daripada penasaran kita simak beberapa fakta menarik tentang keju, berikut ini:

Sudah ada ribuan tahun

Para arkeolog menemukan bukti kemunculan keju dari susu domba dan kambing pada 8000 tahun sebelum Masehi. Salah satu contoh, penemuan arkeologi Mesir yang menemukan seseorang sedang memerah sapi, di dalam sebuah makam kuno yang dibuat sekitar 2000 SM.

Dapur khusus

Bangsa Yunani dan Romawi ternyata yang pertama mengolah keju secara industri. Terbukti, dengan ditemukannya lukisan sebuah dapur pengolahan keju. bahkan rumah besar orang-orang Romawi kuno memiliki dapur khusus mengolah keju.

Ratusan jenis keju

Negara Inggris memiliki 700 jenis keju, sementara Prancis sebanyak 400 jenis keju. Variasi rasa, warna, dan tekstur keju disebabkan oleh berbagai faktor, tergantung pada jenis susu (sapi), bakteri, waktu proses dan penambah rasa.

Cheddar adalah keju paling populer

Nama Cheddar berasal dari sebuah wilayah kecil di Somersetshire, Inggris. Namun, jenis keju ini bisa ditemui di seluruh penjuru dunia. Rasanya yang lezat dengan aroma tidak terlalu tajam menjadikan cheddar cocok digunakan untuk masakan apa saja.

follow our twitter: @livestockreview

penulis: diana ratulangi | editor: sitoresmi fauzi

Spread the love

Leave a Reply