Alergi Susu Sapi pada Anak Dapat Dihindari. Yukk Simak Kiat Menyiasatinya…

Livestockreview.com, Referensi. Alergi susu sapi ternyata dapat dihindari. Salah satu cara adalah dengan menghindari faktor pemicu, dan memberikan air susu ibu pada anak balita. Zakiudin Munasir dari Divisi Alergi Imunologi, Bagian Ilmu Kesehatan Anak FKUI/RSUPN Cipto Mangunkusumo mengatakan, alergi susu sapi terjadi jika kekebalan tubuh bereaksi terhadap protein dalam susu sapi. Zat antibodi immunoglobulin E (IgE).

Sebagian kecil anak sensitif terhadap protein dalam susu sapi. “Komponen protein pada susu sapi yang sering menimbulkan reaksi alergi adalah beta-lactoglobulin,”katanya. Protein itu memicu terbentuknya zat antibodi. Terlebih, saluran pencernaan anak belum berfungsi sempurna. Reaksi kekebalan tubuh, antara lain pelepasan histamin, zat yang menimbulkan berbagai reaksi alergi pada tubuh seperti kulit kemerahan, gatal, bengkak, dan eksim.

Anak mengalami diare disertai darah, muntah, sakit perut, batuk pilek berulang, sesak napas, dan asma. Seiring bertambahnya usia, pencernaan dan kekebalan tubuh anak bertambah kuat. Alergi susu sapi umumnya hilang pada usia 1-3 tahun. Pada sedikit kasus alergi menetap lebih lama.

Anak dengan alergi susu sapi sebaiknya diberi ASI, yang merupakan nutrisi terbaik bagi bayi. ASI akan berefek positif terhadap sistem kekebalan tubuh anak.

penulis: yessi  | editor: soeparno

follow our twitter: @livestockreview

Spread the love

One thought on “Alergi Susu Sapi pada Anak Dapat Dihindari. Yukk Simak Kiat Menyiasatinya…

Leave a Reply