Melirik Bisnis Beternak Bebek Peking

Livestockreview.com, Referensi. Berbisnis Bebek peking menjadi salah satu peluang usaha yang cukup potensial. Di samping jauh lebih tahan terhadap penyakit jika dibandingkan dengan ternak ayam, penggemar daging produk unggas premium ini juga makin banyak.
Dalam bentuk usaha peternakan rakyat, peternakan itik dapat diusahakan dengan memanfaatkan peralatan yang amat sangat sederhana. Misalnya perkandangannya serta alat-alat yang digunakan dalam kandang. Bahkan itik dapat bertahan hidup di alam terbuka dengan model kandang seperti kemahnya anak pramuka.
Dalam hal pemanfaatan limbah, yakni bulu, selain dapat dimanfaatkan sebagai bahan kasur, bantal, atau pakaian, maka untuk bulu itik jenis tertentu seperti entok dan yang lainnya dapat dipergunakan sebagai bahan shuttlecock. Ini berarti ada nilai lebih dari limbah yang berasal dari ternak itik, dan tentunya masih banyak lagi kelebihan lainnya.
Untuk berbisnis bebek peking, dapat dipilih apakah sebagai usaha budidaya pembibitan atau  budidaya. Untuk tahapan pemeliharaan pembibitan, yang pertama adalah pemeliharaan anak. Pemeliharaan anak/masa starter dimulai pada saat bebek peking berumur 1 hari sampai umur 60 hari, di mana anak-anak itik dipelihara dalam kandang khusus, yaitu untuk kandang anak dengan memakai pemanas/induk buatan dalam rangka menghangatkan tubuh dari anak itik tersebut.
Hal ini disebabkan pada umur 1-14 hari anak itik tidak tahan dengan cuaca dingin karena belum dilengkapi bulu yang sempurna untuk menahan dingin, sehingga perlu adanya bantuan induk buatan sebagai penghangat tubuh, serta anak itik diberi makan khusus yaitu pakan anak yang mempunyai kandungan protein sekitar 19 – 21% kadar protein dan lebih dikenal dengan pakan ìstarterî.
Lalu yang kedua adalah tahap pemeliharaan masa pertumbuhan. Pada periode pemeliharaan bebek peking pada masa pertumbuhan, yang perlu diperhatikan adalah ternak yang dipelihara, karena pada masa ini yang banyak dipelihara adalah bebek peking betina sebagai calon bibit pengganti dan juga itik peking jantan yang berfungsi sebagai pejantan pengganti.
Kemudian yang ketiga adalah proses pemeliharaan periode bertelur. Bebek peking yang sudah berumur 5 bulan atau lebih baik jantan maupun betina, biasanya sudah bersiap-siap untuk memproduksi telur.
Ada yang mulai umur 5,5 bulan atau 6 bulan tetapi secara umum mulai bertelur normal pada umur 6 bulan. Itik-itik tersebut ditempatkan pada kandang khusus, yaitu kandang itik dewasa , kandang itik ini dilengkapi dengan tempat bertelur serta kandang umbaran atau lapangan tempat bermain yang dilengkapi dengan kolam/saluran air yang berfungsi untuk mandi itik dan mendinginkan tubuh pada saat siang hari.
Digemukkan
Adapun untuk berbisnis bebek peking untuk digemukkan, hanya dilaksanakan dalam satu masa pemeliharaan, yaitu dari itik berumur satu hari sampai itik peking tersebut siap dijual. Dengan makanan dan pemeliharaan yang baik, berat badan itik peking yaitu mencapai sekitar 3,3 kg selama pemeliharaan kurang lebih 55- 60 hari yaitu mulai umur 1 hari sampai umur 55 hari.
Pada umumnya, itik-itik yang dipelihara untuk tujuan ini adalah itik peking jantan, tetapi yang betinanya pun mempunyai kemampuan yang sama dengan yang jantan hanya berbeda sedikit saja dalam hal berat.
Selain itu, yang juga perlu diperhatihan adalah sistem perkandangan. Sistem perkandangan dalam budidaya bisa dikenal 3 tipe kandang. Salah satunya adalah tipe kandang battery.
Dalam tipe kandang ini, ternak dikandangkan satu persatu dalam satu kotak dengan ukuran yang hanya cukup untuk 1 ekor Bebek Peking dewasa, dengan ukuran kandang 45 x 45 x 35 cm. Dengan tipe kandang battery ini, maka sistem perkawinannya harus menggunakan kawin buatan.
Pada tipe kandang ini kondisi ternak maupun produksi telur dari Bebek Peking bisa terkontrol secara satu persatu, apakah produktivitasnya tinggi atau rendah, begitu juga dalam pengontrolan penyakitnya akan lebih mudah terkontrol.
Ada juga tipe kandang postal. Dalam usaha ternak itik yang menggunakan tipe kandang postal, di mana ternak-ternak peliharaan ditempatkan dalam satu ruangan besar dengan jumlah ternak tertentu, di mana pemberian makan dan minuman ditempatkan di dalam ruangan kandang, sehingga ternak itik yang dipelihara selalu berada di dalam ruangan.
Yang terakhir adalah tipe kandang ranch. Tipe kandang ini merupakan pengembangan dari tipe kandang postal. Di dalam kandang tipe ranch ini selain ada ruangan tempat ternak juga di halaman depannya disediakan halaman tempat bermain yang biasa dikenal dengan nama kandang umbaran yang dilengkapi dengan saluran air atau kolam, yang berfungsi untuk mandi/membersihkan kotoran yang menempel di badannya serta berfungsi pula untuk mendinginkan tubuh di waktu siang hari, hal ini disebabkan itik peking merupakan jenis unggas yang tidak tahan terhadap panas, sehingga harus disediakan air untuk pendingin tubuhnya. sm/del/ind

Spread the love

10 thoughts on “Melirik Bisnis Beternak Bebek Peking

  1. Saya yudi di palembang, saya tertarik tuk usaha peternakan bebek…
    langka awalya gimana tuk memulainya….n mohon rincian biaya awal dari kandang, luas lahan n bibit. mhn kirim ke email yudihelmiawan@gmail.com terima kasih.

  2. Saya iwan di jakarta,saya tertarik tuk usaha peternakan bebek…
    langka awalya gimana tuk memulainya….n mohon rincian biaya awal dari kandang, luas lahan n bibit. mhn kirim ke email garfielqu_1509@yahoo.com terima kasih.

  3. Saya lukman di bandung,saya tertarik tuk usaha peternakan bebek peking, langkah awalya gimana untuk memulai n mohon rincian biaya awal dari kandang, luas lahan n bibit. mhn kirim ke email zeidanilmani@yahoo com terima kasih.

  4. Saya tinggal didaerah Serpong, Tangerang, berminat ternak bebek peking, bagaimana cara mencari tenaga ahlinya, dan bibit induknya, atau bibit untuk pembesaran, mohon penjelasannya kirim ke email saya terima kasih.

  5. Saya ingin memulai usaha ternak bebek peking di daerah LIDO sukabumi caranya bagaimana ya , bisa di email ke saya , Terima kasih .

  6. mohon izin utk promosi gan.bagi teman2 yang membutuhkan dod peking yang berkualitas.kami menyediakan dengan harga yang kompetitif,silahkan menghubungi kami di 085225040886.kami siap antarkan pesanan bapak ibu.terima kasih

  7. sya tertarik dengan usaha bebek tapi sya krng paham bagai mana cara nya berternak bebek dengan baik dan bagai mna dengan pasaran bebek tolong di jawab di imail saya terima kasih

  8. saya tertarik dengan usaha bebek peking saya ingin tau berapa biyaya bibit dan pakannya dari umur satu hari sampay waktu panen atau penjualan

  9. Saya tertarik utk usaha ternak bebek peking ini.mhn dbantu cara,bibit/dod,luas kandang,biaya yg dperlukan utk modal awal.mhn email ke saya. Trm ksh.

Leave a Reply