Melindungi Negara dari Ancaman Penyakit Zoonosis

Livestockreview.com, Berita. Posisi Indonesia yang menganut country base dalam program impor ternak hidup dan produk hewan dimaksudkan untuk melindungi dan mengantisipasi kemungkinan masukanya penyakit hewan menular eksotik atau penyakit baru bagi Indonesia -seperti misalnya flu burung.

Saat ini timbul pemikiran pemerintah untuk mempertimbangkan mengubah kebijakan Indonesia dalam hal importasi produk hewan segar dengan mengubah kebijakan dari dari ‘country base’ ke ‘zona base’. Bertolak dari itu, Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) menggelar worskshop pada 13 Juli ini di Bogor untuk memberi masukan kepada pemerintah untuk masalah ini.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki kondisi geografis dan hidrologis yang menguntungkan, namun sekaligs tantangan karena dapat menjadi hambatan penyebaran penyakit zoonosis atau penyakit hewan yang dapat menular ke manusia.

“Penguatan pelaksanaan sistem pencegahan penyakit dilakukan dengan penguatan koordinasi antar lintas seperti karantina pertanian, karantina kesehatan, perhubungan, TNI, Polri, pemerintah daerah sehingga terbentuk sistem yang terintegrasi guna mengurangi risiko timbulnya wabah zoonosis, baik dalam cakupan lalu lintas domestik maupun internasional,” Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono dalam sambutan acara yang dibacakan oleh asistennya yang membidani penanggulangan penyakit.

Langkah pengendalian zoonosis, jelasnya, pemerintah telah membentuk Komisi Nasional Pengendalian Zoonosis sebagai wadah koordinasi tingkat menteri dan pimpinan lembaga yang secara langsung membidani zoonosis dan yang terkait dengan pencapaian keberhasilan zoonosis. Ketua Komisi Nasional adalah Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, dan Wakil Ketua Menteri Dalam Negeri, Menteri Pertanian dan Menteri Kesehatan.

Adapun Indikator keberhasilan pengendalian zoonosis yakni menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat zoonosis, mencegah, membatasi dan menanggulanggi kejadian luar biasa atau wabah zoonosis. Indikator lainnya yakni mampu mencegah masuknya kejadian luar biasa atau pandemi zoonosis di Indonesia.

penulis: yunianingsih | editor: soegiyono

Spread the love

Leave a Reply