Dongkrak Performa Ayam Lokal dengan Manfaatkan Tanaman Sekitar

Livestockreview.com, Riset. Beberapa tanaman tradisional dalam pakan ayam lokal dapat memberikan manfaat, seperti kunyit, lempuyang, tepung bawang putih, dan tepung kencur.

Kunyit misalnya, dengan penggunaan pada pakan sebanyak 2%, dapat Mencegah kematian, meningkatkan kinerja, dan menambah pendapatan dari penjualan DOC sampai 60%. Adapun tepung kencur, dapat mencegah kematian ayam akibat penyakit, dan meningkatkan pendapatan peternak 25%.

Sedangkan daun bawang bahkan bisa meningkatkan kinerja dan mengurangi angka kematian DOC hingga 0%. Info lengkap tentang potensi penggunaan tanaman tradisional untuk meningkatkan kinerja ayam lokal ini, dapat dilihat pada tabel.

Potensi tanaman tradisional pendongkrak performa ayam lokal

Nama tanaman

Tingkat penggunaan

dalam pakan (%)

Dampak yang diberikan

Kunyit  Lempuyang

 

 

Tepung bawang

putih

Tepung kencur

 

0,02

 

  

0,08

 

  

0,02

  

0,5

Mencegah kematian, meningkatkan kinerja, menambah pendapatan dari penjualan DOC sampai 60%.Mencegah kematian, meningkatkan kinerja, menambah pendapatan dari penjualan DOC sampai 60%.Meningkatkan kinerja dan mengurangi angka kematian DOC hingga 0%Mencegah kematian akibat penyakit dan meningkatkan pendapatan peternak 25%

 

penulis rama | editor: soegiyono 

follow our twitter: @livestockreview


Spread the love

2 thoughts on “Dongkrak Performa Ayam Lokal dengan Manfaatkan Tanaman Sekitar

  1. Artikel yang sangat berguna untuk peternak kecil yang berkelompok,apakah bisa dicampurkan dalam minuman seperti layaknya jamu?dan hasil di lapangan bagaimana ya?

Leave a Reply