Teknologi Pendeteksi Produk Peternakan Haram

Livestockreview.com, Referensi. Direktur LPPOM MUI DI Yogyakarta Dr. Tridjoko Wisnu Murti mengatakan, Ada 2 macam pangan utama yang menjadi perhatian penuh kaum muslimin agar dapat dideteksi dengan baik oleh kemajuan iptek yang ada sekarang ini, yakni keberadaan babi dan alkohol. Pangan yang diragukan sebaiknya dihindari atau dianggap haram. Beberapa teknoologi keberadaan produk babi dan turunannya antara lain dengan dua cara, yakni:

Deteksi Modern. Bahan pangan tercurigai perlu dideteksi keberadaannya, yakni: unsur non lemak dan lemaknya. Keberadaan babi dapat dideteksi melalui cuplikan daging, tulang atau rambut. Cara iptek yang ada sejauh ini dengan bantuan metode Polymerase Chain Reaction-Restriction Fragment Length Polymorphysms (PCR-RFLP). Adapaun pendeteksian melalui unsur lemak, Tridjoko menjelaskan bahwa keberadaan lemak babi dapat dideteksi dengan alat yang dikenal sebagai Fourier Transformer–Infra Red Sepctrophotometry (FTIR).Alat ini bekerja pada panjang gelombang 400 – 4000 nm, dan akan menampilkan ciri yang berbeda pada masing-masing lemak.

Deteksi praktis. Untuk kehalalan daging ayam, Staf Pengajar FPT UGM ini menguraikan, deteksi praktis dapat dilakukan dengan mengamati bagian leher ayam, adakah ada tanda penyembelihan sempurna. Deteksi lainnya adalah dengan memperhatikan warna daging ayam. Yang normal adalah cerah merah muda-putih merata, sedang bangkai warna merah tua cenderung semakin hitam (kecuali ayam Cemani) dan kelihatan hitam pada vena darah di sayap atau dada. Sendi ayam bangkai saat dipotong keluar darah. Di samping itu, langkah pendeteksian juga bisa dilakukan dengan mengamati tekstur daging ayam.

Yang normal adalah kenyal, sedangkan bangkai lembek. Dr Tridjoko juga menguraikan tentang cara praktis mendeteksi kehalalan daging sapi, yakni dengan mengamati warna daging. Warna daging yang baik adalah merah cerah dengan serat halus dan lemak kekuningan. Daging keras tapi tidak kaku. Jika terasa kaku, hal itu menunjukkan ternak disembelih dalam kondisi stres. Waspadai pula daging glonggongan yang mengandung banyak air sehingga cenderung tidak digantung dalam pendisplaiannya. Praktik glonggong ini merupakan tindak kejahatan multidimensi, termasuk penyiksaan binatang, penipuan konsumen dan berbahaya. Daging yang dihasilkannnya pun menjadi haram.

Ada beberapa orang di masyarakat yang kesulitan membedakan warna daging kambing dan babi. Padahal, perbedaannya jauh sekali. Daging Kambing yang sehat warnanya merah muda dengan serat lembut dan halus. Lemak daging keras,kenyal putih. Adapun daging babi warna merah muda (jambon) sampai perak kemerah-merahan. Lemak putih jernih, lunak dan mudah mencair pada suhu kamar. as

Leave a Reply