Susu Menghasilkan Turunan Produk Hingga 54 Jenis

Livestockreview.com, Produk Olahan. Susu adalah produk olahan hasil ternak yang sangat bermanfaat bagi kesehatan umat manusia. Sapi perah yang bagus adalah sapi bentuk gergaji yaitu bagian depan lebih kecil daripada yang belakang.

Di Indonesia, tidak hanya sapi yang menghasilkan susu, kambing dan kuda liar pun susu nya sering dimanfaatkan oleh manusia.

Di berbagai negara, cara mengambil susu sapi yaitu dengan membariskan sapi dan membersihkan ambingnya dengan alkohol, karena jika tidak dicuci banyak bakteri yang dapat mengkontaminasi susu, karena saluran pengeluaran susu sapi dekat dengan saluran pembuangan (eksresi).

Dampaknya jika susu terkontaminiasi bakteri berbahaya, tidak hanya sakit perut dan pusing, namun jika sapi menderita sakit maka konsumen bisa terjangkit meningitis dan mengenai saraf, paralyzed bahkan sampai meninggal. Jadi kesehatan dan kebersihan sapi menjadi sangat penting.

Susu adalah salah satu bahan pangan yang nilai biologisnya terbaik di dunia tapi tidak baik untuk semua orang. Masih ada sumber pangan terbaik, yaitu telur. Namun susu bisa menghasilkan turunan hingga 54 jenis. Ada keju, krim, mentega, krim, susu cair/kental, susu bubuk dan susu asam.

follow our twitter: @livestockreview

penulis: w4hyu | editor: sherly minawati

Spread the love

Leave a Reply