Pemerintah Kelihatannya belum Serius Capai Swasembada Daging

Livestockreview.com, Berita. Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) menilai pemerintah belum serius melakukan berbagai upaya untuk mencapai swasembada daging 2014.Hal itu menurut Ketua Bidang Peternakan HKTI, Nyoman Suparta di Jakarta, pertengahan minggu ini, terlihat dari kebijakan pemerintah yang lebih suka mengambil jalan pintas melalui impor ketimbang meningkatkan produksi dalam negeri termasuk untuk komoditas daging sapi.
“Sepertinya pemerintah belum serius untuk melangkah menuju swasembada daging di 2014,” kata salah satu pengurus (HKTI) pimpinan Prabowo Subianto itu. Berdasarkan evalusasi kinerja Kementerian Pertanian di 2010, produksi daging sapi dan kerbau mencapai 0,45 juta ton atau meningkat 13,3 persen dibanding 2009, sedangkan di 2011, ditargetkan sebesar 0,439 juta ton atau mengalami penurunan.
Menurut dia, Indonesia mempunyai lahan yang luas, masyarakat (SDM) juga banyak untuk mendukung produksi daging dalam negeriĀ “Oleh karena itu kita harus memproduksi daging sapi sebesar yang dibutuhkan oleh masyarakat,” katanya.
Namun, lanjutnya, berdasarkan data pada 2010 pemerintah mengimpor sapi 600 ekor dan 200 ribu ton daging sapi, sehingga hal itu sangat kontradiktif untuk meningkatkan pendapatan petani. Pada kesempatan itu, pihaknya juga banyak menerima keluhan dari petani di daerah yang mengaku kesulitan untuk menjual sapinya ke pasar serta harga sapi yang relatif rendah.
sumber: antara | editor: sugiyono

Spread the love

One thought on “Pemerintah Kelihatannya belum Serius Capai Swasembada Daging

  1. seharusnya pemerintah, akademisi, praktisi, industri dan para peternak mencoba bekerjasama lebih baik dan mendukung PSDS 2014, dan upayakan semua bisa berjalan seirama dan berkelanjutan tanpa adanya sikut sana sini.

Leave a Reply