Komitmen di Awal Tahun Baru

Livestockreview.com, Referensi. Seorang cerdik pandai mengatakan, ‘Komitmen adalah kunci pembuka pintu imajinasi, memberikan kita banyak jalan untuk mewujudkan mimpi menjadi kenyataan’. Tidak terasa tahun 2010 telah kita tinggalkan dan kini telah memasuki  tahun 2011. Di awal tahun, kita biasanya memeriksa pencapaian yang telah berhasil diraih di sepanjang tahun lalu, dan rencana-rencana apa saja yang masih belum dapat diraih atau yang masih sedang dikerjakan. Menurut saya, salah satu faktor pencapaian keberhasilan dari rencana-rencana yang kita buat adalah seberapa besar komitmen kita untuk mau melakukannya. Banyak orang yang gagal untuk melakukan rencana-rencana besar yang kadang disusun di akhir tahun, baik untuk pekerjaan maupun pribadi, karena mereka tidak cukup memiliki kekuatan komitmen.

Saya jadi ingat dengan Leonardo Da Vinci seorang seniman namun juga seorang ilmuwan. Komitmennya kepada ilmu pengetahuan membawanya untuk terus merencanakan, mencipta dan menghasilkan sesuatu bagi hidup orang banyak. Komitmennya yang kuat membuka pintu imajimasinya memungkinkan ia memiliki visi yang jauh ke depan, dan memberi ia kesanggupan untuk mengubah impiannya menjadi kenyataan. Komitmen memberi kita amunisi untuk menggerakkan kita melakukan sesuatu mencapai apa yang kita inginkan atau rencanakan.

Lihat saja apa yang sudah dihasilkan oleh Leonardo meliputi beberapa bidang. Di bidang anatomi, ia mempelajari sirkulasi darah dan pergerakan mata. Di bidang meteorologi dan geologi, ia berhasil menyimpulkan adanya hubungan antara bulan dan pasang surut, menduga konsep modern bentuk benua, juga menduga asal usul kerangka fosil. Selain itu, ia adalah salah satu penemu ilmu hidrolik, yang merupakan salah satu perangkat penting hidrometer. Penemuan Leonardo lainnya yang bermanfaat, misalnya, pakaian selam. Selain itu, peranti terbang rancangannya juga telah menerapkan prinsip aerodinamika. Bukannya ini semua sangat menakjubkan.

Saya terbayang, rasanya tidak hanya ketika ia memasuki tahun yang baru, baru mulai merencanakan sesuatu. Namun setiap hari baginya, membuat dan melakukan rencana-rencananya, hingga hasil karyanya dapat dinikmati oleh orang lain. Dan ini adalah salah satu ciri orang sukses.

Mengambil semangat Leonardo, mari kita membangun komitmen bersama untuk mewujudkan sasaran besar yang akan kita lakukan di tahun 2011 ini untuk terus mengembangkan hidup, gairah dan usaha yang kita jalani selama ini.

Selamat mengarungi tahun baru 2011, tetap semangat dan optimistis menghadapi hari-hari yang baru di tahun 2011.

@andangindartono

Leave a Reply