Ini Dia Daftar Daging Sapi Amerika Serikat yang Dilarang Pemerintah RI

Livestockreview.com, Bisnis.   Kementerian Pertanian melarang aneka produk daging sapi dari Amerika Serikat (AS) masuk ke Indonesia. Larangan ini dilakukan menyusul temuan wabah sapi gila di peternakan sapi di California, Amerika Serikat pada 24 April 2012 lalu.

Apa saja daftar produk sapi yang dilarang masuk ke Indonesia itu? berikut daftarnya:

1. Meat bone meal (BM)

Produk ini akrab disebut tepung tulang, yang diperoleh dari hasil daur ulang bagian tubuh sapi dihaluskan. MBM terbuat dari tulang, rambut, kuku, tanduk, potongan kulit sampai isi perut sapi. MBM ini memiliki kalsium tinggi, sehingga menjadi alternatif pakan ternak.

2. Jeroan

Jeroan sapi merupakan bagian tumbuh sapi yang banyak diidolakan di Indonesia. Jeroan sapi ini terdiri dari bagian dalam tubuh sapi, seperti usus, limpa dan babat termasuk lidah, hati, hidung, dan buntut.

3. Daging

Daging sapi adalah jaringan otot yang diperoleh dari sapi. Kategori daging sapi ini beragam, seperti; daging iga dan T-Bone sangat umum digunakan di Eropa dan di Amerika Serikat sebagai bahan pembuatan steak. Kemudian daging ada daging sandung lamur, has luar, has bawah, has atas, sancan depan, daging iga, paha sengkel, sancan belakang dan short loin.

4. Pertulang kayo latin (Tulang)

Tulang sapi ini merupakan kerangka badan sapi yang keras. Tulang ini mengandung banyak kalsium yang biasanya dibikin menjadi tepung tulang (MBM).

follow our twitter: @livestockreview

sumber: kontan | editor: soegiyono

Spread the love

Leave a Reply