ISPI Siapkan SDM Unggul Peternakan

Livestockreview.com, News. Sektor peternakan di Indonesia memiliki potensi yang luar biasa besar dan membutuhkan pemikiran-pemikiran segar dari generasi muda Indonesia. Untuk itu, sangat diperlukan langkah penyiapan kualitas sumber daya manusia peternakan di masa mendatang. Sangat diperlukan adanya program khusus yang tidak hanya akan membekali para generasi pilihan dalam hal kemampuan teknis, namun juga akan memperluas jaringan dan wawasan mereka.

Melalui program tersebut, “kami berharap akan lebih banyak lulusan ilmu peternakan yang berkarir dan menjadi pemimpin masa depan di sektor peternakan, dan kemudian menginspirasi lebih banyak anak muda untuk berkarya di sektor ini,” ungkap George Hughes, Agriculture Counsellor Kedutaan Australian Jakarta, dalam pembukaan acara program pelatihan kerja untuk lulusan baru di bidang peternakan yang diselenggarakan oleh Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI) bekerjasama dengan Indonesia-Australia Partnership on Food Security in the Red Meat and Cattle Sector (Partnership) di Jakarta pada 25 Nopember 2019 lalu.

Lebih jauh, George mengungkapkan bahwa program ini merupakan bagian dari program pengembangan keterampilan di sektor daging merah dan sapi yang telah dikembangkan Pemerintah Australia dan Pemerintah Indonesia melalui Partnership. Melalui program pengembangan keterampilan tersebut, Partnership telah melatih hampir 350 orang Indonesia dalam berbagai topik, termasuk pembiakan ternak, pemrosesan, dan pembuatan kebijakan.

“Beberapa peserta dalam program pelatihan kerja ini juga pernah terlibat dalam NTCA Indonesia Australia Pastoral Program (NIAPP), yaitu program pelatihan kerja yang berlangsung selama 10 minggu di berbagai cattle station di Australia bagian utara. Kami sangat senang untuk berhubungan kembali dengan alumni kami dan lulusan ilmu peternakan terbaik lainnya di Indonesia,” tutup George.

Sebelum ditempatkan di berbagai perusahaan, peserta mendapatkan pelatihan singkat terlebih dahulu pada 25-27 November 2019 di Jakarta dan Cianjur. Rangkaian pelatihan terdiri pelatihan dalam kelas dan praktik untuk memahami tantangan dan peluang industri peternakan sapi potong di Indonesia, manajemen peternakan sapi potong dari hulu ke hilir, proses bisnis sektor daging merah dan sapi, hingga pelatihan menulis dan motivasi bekerja dalam bekerja dan bekerja sama dalam tim.

follow our ig: @livestockreview

sumber: ispi  | editor: apriliawati



Spread the love

Leave a Reply