Ini Daftar Para Juara di Temu Ilmiah mahasiswa Peternakan Indonesia (Timpi) 2013

Livestockreview.com, Kampus. Dalam Temu Ilmiah Mahasiswa Peternakan Indonesia yang digelar oleh Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia (Ismapeti) pada awal Nopember 2013 lalu, dihadiri 80 orang delegasi mahasiswa peternakan Indonesia. Dalam acara tersebut, diselenggarakan berbagai lomba, yakni Debat Peternakan Nasional, Mahasiswa Berprestasi (MAPRES) Peternakan Nasional, dan Call for Policy Paper.

Kegiatan TIMPI diawali dengan penyambutan peserta pada Jum’at malam (8/11) yang bertempat di wisma LPPB yang sekaligus menjadi tempat penginapan para delegasi dan finalis TIMPI 2013

Hari ketiga (11/11) merupakan penyisihan dan semi final debat peternakan nasional. Delapan tim yang berhasil menjadi finalis yaitu UNS, UNSOED, UNDIP, IPB, UnBraw, UGM1, UGM2, dan UNPAD. Lomba debat dilaksanakan di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa Universitas Bengkulu. Setelah selesai semifinal debat, peserta TIMPI dijamu makan malam di rumah dinas Gubernur Bengkulu. “Begini harusnya aksi mahasiswa yang lebih bermanfaat”, begitu beliau memberikan apresiasinya terhadap kegiatan TIMPI 2013.

Hari keempat (12/11) diadakan final MAPRES Peternakan Nasional 2013 dan final debat peternakan nasional gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa Universitas Bengkulu. Sore harinya, seluruh peserta TIMPI 2013 melakukan kampanye gizi, long march di sepanjang jalan suprapto. Kampanye gizi ini menyuarakan tentang pentingnya konsumsi protein hewani untuk kecerdasan bangsa, dengan membagi bagikan telur dan susu kepada masyarakat sekitar.

Malam harinya merupakan malam puncak sekaligus penutupan kegiatan TIMPI 2013 yang berlangsung di hall Rektorat Universitas Bengkulu. Rangkaian kegiatan TIMPI 2013 ditutup secara resmi oleh Dekan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu.

Para pemenang lomba  TIMPI 2013 itu yakni:

Call for Policy Paper
Ajat Santoso (Universitas Gajah Mada) sebagai Penyaji Terbaik

Debat Peternakan Nasional
Juara 1 : Universitas Gajah Mada
Juara 2 : Institut Pertanian Bogor
Juara 3 : Universitas Brawijaya

Mahasiswa Berprestasi (MAPRES) Peternakan Nasional 2013
– Muhsin Al Anas (Universitas Gajah Mada)
– Afifah Noor Hidayah (Universitas Jendral Soedirman) sebagai “DUTA SAVE SAPI BETINA PRODUKTIF”
– Mahfuz Ahmadi (Universitas Sriwijaya) sebagai “DUTA DIVERSIFIKASI PRODUK PANGAN ASAL HEWAN”

Adapun Piala bergilir TIMPI (Adhigana Rafflesia) yang sebelumnya dipegang oleh Institut Pertanian Bogor, pada acara TIMPI di Bengkulu tersebut, berhasil dibawa pulang oleh Universitas Gajah Mada yang berhasil menjadi juara umum pada TIMPI 2013.

Temu Ilmiah Mahasiswa Peternakan Indonesia ini diharapkan menjadi langkah awal mahasiswa peternakan untuk terus menyalurkan ide, karya dan inovasi mereka di bidang science. Gagasan untuk membatu penyuksesan swasembada daging akan benar-benar direalisasikan dengan dibentuknya TIM ADHOC dan Duta Mahasiswa Peternakan.

sumber: ismapeti | editor: sitoresmi fauzi

follow our twitter: @livestockreview

Spread the love

Leave a Reply