Saatnya Kebangkitan Unggas Lokal Indonesia

Livestockreview.com, News. Di tengah kondisi pandemi covid-19, sangat penting adanya pemenuhan protein hewani sebagai sumber asupan gizi penting bagi tubuh seseorang agar memiliki sistem imunitas yang tinggi untuk menangkal berbagai jenis penyakit, termasuk ancaman dari covid-19 tersebut. Ketika terjadi pandemi, secara jangka panjang pemenuhan kebutuhan protein hewani asal unggas menjadi rentan akibat ketergantungan tinggi pada pasokan bahan baku impor.

Maka saat sekaranglah momentum kebangkitan unggas lokal Indonesia. Pemanfaatan sumber daya genetik unggas lokal dan pemanfaatan bahan lokal lokal serta hasil sampingan pertanian dan industri pertanian menjadi suatu keharusan untuk menjaga sistem penyediaan protein hewani tercukupi dan berkelanjutan. Untuk itu sangat perlukan langkah strategis pengembangan unggas lokal, yakni perbaikan sistem pemeliharaan, perbaikan mutu genetika, perbaikan manajemen pakan, peningkatan skala usaha dan spesialisasi usaha, dan upaya pemberian pakan khusus untuk segmen pasar khusus.

Pemeliharaan ayam lokal secara intensif atau semi intensif dapat dilakukan denan pengembangan kelompok ternak ayam lokal skala rumah tangga di setiap wilayah sentra penghasil ayam lokal. Budidaya ayam lokal harus selalu berorientasi pada pasar, sehingga sebelum melakukan usaha budidaya, perlu dilakukan terlebih dahulu survei kebutuhan pasar ayam lokal di suatu wilayah.

Perbaikan genetika juga mutlak harus dilakukan agar dapat dihasilkan ayam lokal berkualitas baik, dengan arah menuju pembentukan suatu komersial stok, yakni galur murni ayam lokal Indonesia. Perbaikan menajamen pemberian paka ayam lokal juga sangat penting, terutama dalam hal pembentukan standarisasi kebutuhan pakan ayam lokal.

Pemerintah perlu melakukan inventarisasi potensi genetika unggas lokal Indonesia, kemudian menyusun strategi jangka panjang pengembangannya ke arah komersial dan kemanfaatannya bagi masyarakat. Untuk menunjang hal itu, sangat penting untuk dikembangkan pula pabrik pakan skala mikro, khusus bagi para kelompok ternak ayam lokal di tiap wilayah sentra pengembangan ayam lokal.

Acara akan dilaksanakan pada Sabtu, 27 Juni 2020 jam 12.30-14.30 WIB melalui ruang virtual Zoom.

Tema & Narasumber:

  • Teknik Merekayasa Ayam Lokal Unggul (Ahli Genetika Unggas Fakultas Peternakan UNPAD, Dr. agr. Ir. Asep Anang)
  • Otentikasi & Sertifikasi Unggas Lokal Indonesia (Peneliti Senior Balai Penelitia Ternak, Prof (R) Sofjan Iskandar)
  • Tantangan Pembibitan Ayam Lokal & Alternatif Solusinya (Ketua Gabungan Pembibitan Ayam Lokal Indonesia, Bambang Krista)

Unduh Poster Acara:
Poster acara dapat diunduh di: www.bit.ly/posterunggaslokalbangkit

Registrasi:
Semua peserta wajib melakukan registrasi di: www.bit.ly/unggaslokalbangkit

Link akses zoom dikirim ke email yang telah Anda registrasikan, ada 1 hari sebelum acara berlangsung. Pastikan untuk mengecek email yang didaftarkan.

Kontak Panitia:

  • Alya (wa.me/62881025696777)
  • Diana (wa.me/6285754826957)

Spread the love

Leave a Reply