Para Ahli Sosial Ekonomi Peternakan Berkumpul di Manado

0
80

Livestockreview.com, News. Para pakar di bidang sosial ekonomi peternakan yang tergabung dalam Perhimpunan Ilmuwan Sosial Ekonomi Peternakan Indonesia (PERSEPSI) berkumpul di Manado, Sulawesi Utara pada awal September 2018 lalu. Organisasi termuda dalam asosiasi ilmuwan di bidang peternakan tersebut berkumpul untuk menggelar Rapat Kerja Nasional sekaligus menyelenggarakan Seminar Nasional III yang mengambil tema “Strategi dan Kebijakan Pengembangan Bisnis Peternakan dalam Mendukung Kedaulatan Pangan Nasional”.

Acara dengan tuan rumah Komisariat Daerah Sulawesi Utara dan Fakultas Peternakan Sam Ratulangi tersebut berlangsung di Graha Gubernuran Bumi Beringin, Manado pada 4-6 September lalu. Acara yang dikomanani oleh ketua pantia Staf Pengajar Fakultas Peternakan Unsrat Dr Stanly OB Lombogia tersebut dibuka secara resmi oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, dan menghadirkan tiga pembicara utama, yakni Menteri Perindustrian, yang diwakili oleh Direktur Industri Makanan Hasil Laut dan Perikanan Ditjen Industri Agro, Ir. Enny Ratnaningtyas; Menteri Pertanian, yang diwakili oleh Direktur PPNHNK, Ir. Fini Murfiani, M.Si; dan Ketua Umum PERSEPSI Prof. Ir. Budi Guntoro, S.Pt., M.Sc., Ph.D., IPU.

Guntoro mengatakan, tiga rumusan penting hasil rapat kerja PERSEPSI di Manado itu yakni:
– Menanggapi positif adanya upaya harmonisasi kurikulum Program Peternakan di Perguruan Tinggi di Asia Tenggara dalam event Southeast Asia Network of Animal Science (SEANAS).
– PERSEPSI akan membuat standar muatan kompetensi Sosial Ekonomi pada Kurikulum Program Studi S1 Ilmu Peternakan di Indonesia. Sebagai tindak lanjut dari rumusan ini, PERSEPSI akan mengadakan Simposium Kurikulum muatan Sosek di Universitas Padjadjaran Bandung bulan Oktober 2018.
– Memutuskan tuan rumah Rakernas dan Seminar IV 2019 akan dilaksanakan di Komisariat Dearah Sulawesi Selatan dan Fakultas Peternakan Hasanuddin Makassar.

Follow our Instagram:@livestockreview

 Penulis: rina | editor: soegiyono