Trend Global Pembentuk Industri Susu: Hidup yang Semakin Sibuk

Livestockreview.com, Referensi. Di seluruh belahan dunia, orang semakin sibuk, baik sibuk dengan pekerjaannya maupun dengan kegiatan sosialnya. Bahkan, konsumen global menghabiskan rata-rata lima jam per minggu di perjalanan. Jumlah ini meningkat dari awalnya 4,3 jam pada tahun 2004. Di negara-negara berkembang, jumlah ini bahkan lebih tinggi yaitu mencapai 5,8 jam per minggu di perjalanan. Saat ini konsumen cenderung untuk menghargai waktu mereka dan berharap dapat melakukan hal yang sama seperti yang mereka lakukan di rumah, di mana pun mereka berada. Mulai dari menonton TV, memeriksa email sampai dengan makan dan minum. Bagi konsumen ini, rumah bukan lagi mengenai lokasinya, tetapi rumah adalah tempat dimanapun mereka berada.

Kesibukan jugalah yang membuat konsumen mencari produk yang siap minum. Saat ini terdapa 20% konsumen di seluruh dunia yang minum sambil berjalan atau sambil mengemudi, setidak-tidaknya sekali seminggu. Angka ini sama tingginya dengan di Amerika Serikat, yaitu sebesar 41% dan 38% di Australia dengan kecenderungan dilakukan oleh konsumen yang berusia 13 sampai 19 tahun. Selain itu, waktu yang dimiliki oleh konsumen untuk memasak semakin sedikit sehingga mereka mencari produk yang nyaman, mudah digunakan dan mudah untuk disiapkan. Hal ini dapat berarti, misalnya, beralih dari susu bubuk ke susu cair. Ini juga bisa berarti peralihan dalam memilih  yogurt yang minum daripada yogurt yang harus dimakan dengan sendok.

Selama empat tahun terakhir, konsumsi susu dijual dalam bentuk cair dan siap minum meningkat dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 9,6%. Angka ini jauh lebih besar jika dibandingkan dengan peningkatan penjualan susu bubuk yang hanya sebesar 1,9% saja dalam periode yang sama. Pada periode yang sama,  konsumsi yogurt yang siap minum juga meningkat dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 9% dibandingkan dengan tingkat pertumbuhan yougurt yang harus dimakan dengan sendok yang mencapai 4,5% saja.

Saat ini semakin banyak konsumen yang menikmati sarapan ‘on-the-go’. Sebagian besar konsumen, yaitu sebanyak 17% sarapan di perjalanan menuju tempat kerjanya masing-masing, 27% minum sambil berjalan atau mengemudi dan 42% melewatkan sarapannya dan menggabungkan sarapan dengan makan siang sekaligus.

Oleh karena itu, produsen yang membuat sarapan dalam format yang tepat untuk memenuhi perubahan kebutuhan konsumen yang sibuk  cenderung akan bergerak maju – baik melalui minuman yogurt, susu berasa ataupun susu putih yang dijual dalam bentuk yang praktis – Dalam jangka menengah, produsen susu yang paling sukses adalah orang-orang yang membuat produk-produk susu yang dalam format yang tepat untuk memenuhi perubahan perilaku konsumen. TPDI

Spread the love

Leave a Reply