Tossa Agri Berhasil Budidayakan Sapi Wagyu

Livestockreview.com, Bisnis.  Setelah Sijiro International berhasil menghasilkan sapi red wagyu di Temanggung, Jawa Tengah, kini giliran Tossa Agri, adalah anak perusahaan Tossa Group yang menangani bisnis pertanian, juga mampu menghasilkan sapi dengan kualitas daging premium tersebut.

Perusahaan yang berbasis di Km.19 Kecamatan Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah, ini mulai merintis pembibitan sapi wagyu sejak 2008. “Kami mulai mengembangkan pembibitan sapi Wagyu jenis Red Wagyu dan Black Wagyu sejak 2008,” kata Kepala Bagian Produksi PT Tossa Agri Kohar Rozak, belum lama ini.

Aktifitas yang dilakukan Tossa Agri kini masih lebih banyak pada riset dan pengembangan untuk menghasilkan bibit sapi Wagyu, sebelum masuk pada tahap budidaya dan penjualan daging. “Tinggal satu fase lagi kami bisa menghasilkan sapi Wagyu murni, setelah diperoleh betina murni yang didapat itu dikawinkan dengan pejantan Wagyu,” kata Kohar. Saat ini, Tossa Agri memiliki 50-an ekor sapi peranakan Wagyu yang sebagian di antaranya sudah berumur 2 tahun. Bahkan, Tossa telah melakukan pemotongan sebagian sapi peranakan Wagyu.

Target pasar daging premium

Sapi Wagyu merupakan jenis lembu asli Jepang yang memiliki daging lembut. Harga di pasaran sangat mahal, sampai Rp500.000 per kg. Jenis sapi ini di antaranya Red Kumamoto, dan Black Tajima Shimane. Di Indonesia, permintaan daging Wagyu datang dari hotel – hotel berbintang lima dan restoran Jepang. Kebutuhan terhadap daging ini dipenuhi dari Australia dan sebagian kecil Jepang.

Australia adalah negara penghasil sapi Wagyu terbesar di luar Jepang, sekaligus pengekspor karkas Wagyu ke sejumlah negara di Asia, dan Amerika. Untuk memanfaatkan potensi pasar Indonesia, perusahaan Australia, Mazda Wagyu, pengusaha Indonesia, dan Pemkab Temanggung, membentuk PT Sijiro Internasional.

Perusahaan peternakan yang juga menghasilkan sapi wagyu adalah Sijiro dan Balerang Livestock Cencer. Perusahaan yang disebut terakhir berlokasi di Batam, merupakan salah satu perusahaan yang akan masuk ke bisnis Wagyu. Langkah yang dilakukan perusahaan ini adalah dengan menjajaki kerja sama pemasaran dengan Zenkai Meat Corp—produsen Wagyu di Kumamoto Prefecture.

follow our twitter: @livestockreview

sumber: bisnis | editor: soegiyono

Spread the love

Leave a Reply