Tidak Seharusnya Pemerintah Diatur Importir Daging Sapi

Livestockreview.com, Bisnis. Beberapa kalangan meminta agar swasembada daging harus segera dicapai untuk mencegah spekulasi harga daging. Dalam jangka pendek, pemerintah harus segera memasok daging ke pasar. Kenaikan harga daging sapi menjelang akhir tahun ini dinilai tidak wajar.

Pemerintah harus tegas dan konsisten dengan target pencapaian swasembada daging sapi 2014. ”Jangan mau diatur-atur oleh para importir,” kata Guru Besar Sosial Ekonomi Industri Pertanian Universitas Gadjah Mada M Maksum. Ia mengingatkan, untuk kesekian kalinya pemerintah dipermainkan oleh kelompok tertentu karena Indonesia tidak mandiri dalam hal pangan. Pola yang sama digunakan para importir saat terjadi kelangkaan kedelai beberapa waktu lalu.

Ketua Umum Perhimpunan Peternak Sapi-Kerbau Indonesia Teguh Boediyana menambahkan, dalam jangka menengah, pemerintah perlu mengajak semua pemangku kepentingan membahas ulang produksi dan kebutuhan daging nasional. Dalam jangka pendek, pemerintah harus menekan perusahaan penggemukan dan importir daging untuk melepas sebagian stoknya.

Pemerintah juga harus terus memperbaiki berbagai persoalan yang menjadi penghambat kelancaran distribusi sapi agar disparitas harga tidak terjadi dan terlalu tinggi.

sumber: k0mpas | editor: soegiyono

follow our twitter: @livestockreview

Spread the love

3 thoughts on “Tidak Seharusnya Pemerintah Diatur Importir Daging Sapi

Leave a Reply