Ternak Sehat, Negara Kuat

Livestockreview.com, Berita. Slogan ‘Ternak Sehat, Negara Kuat’ tidak hanya berguna untuk kita di Indonesia, akan tetapi sesungguhnya sudah dianut oleh semua bangsa maju di dunia. Oleh mereka yang telah memahami dan menyadari tentang pentingnya arti, peran, dan fungsi bahan pangan hewani (daging, susu, dan telur) terutama berkaitan dengan strategi mencerdaskan kehidupan bangsa. Mungkin karena kesadaran inilah maka hampir semua negara maju seperti misalnya Amerika, Australia, Jepang, dan New Zaeland telah menempatkan ternak sebagai bagian yang terpenting dalam membangun ekonomi dan politik negaranya. Bagaimana dengan Indonesia, negara kita?

Patutlah diyakini bahwa sebagai insan peternakan, kita sudah mulai sadar bahwa betapa pentingnya arti ternak terutama ternak potong (pedaging) dalam membangun kehidupan ekonomi, politik, pendidikan, dan ketahanan pangan nasional.

“Pemenuhan kecukupan penyediaan dan konsumsi daging, bukan saja berkaitan langsung dengan ketahanan pangan akan tetapi sudah merambah ke arena perpolitikan bangsa,” kata Guru Besar Fakultas Peternakan Universitas Mataram, NTB Prof Dr. SUhubdy. Ia mencontohkan, pencanangan swasembada daging sapi – 2014, menjadi bukti nyata tentang tekad bangsa ini yang ingin berdikari dalam penyediaan daging untuk masyarakatnya. Namun demikian, usaha ke arah tersebut masih penuh dengan kendala dan rintangan. Tantangan tersebut tidak untuk dihindari, namun harus dihadapi untuk dicarikan penyelesainnya.

Perlu tekad yang kuat untuk mewujudkan cita-cita yang akan mampu memperkuat negara tersebut. Semoga !

follow our twitter: @livestockreview

penulis: 4yu | editor: soegiyono

Spread the love

Leave a Reply